AS Berencana Pindahkan Gudang Senjata Nuklir ke Polandia, Mendekati Rusia

Minggu, 17 Mei 2020 - 12:04 WIB
loading...
AS Berencana Pindahkan Gudang Senjata Nuklir ke Polandia, Mendekati Rusia
Duta Besar AS untuk Polandia, Georgette Mosbacher menyebut bahwa Warsawa dapat setuju untuk menjadi tuan rumah gudang senjata nuklir Amerika di Eropa. Foto/Ist
A A A
WARSAWA - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Polandia, Georgette Mosbacher menyebut bahwa Warsawa dapat setuju untuk menjadi tuan rumah gudang senjata nuklir Amerika di Eropa. Ini dilakukan jika Jerman menolak untuk melakukannya.

"Jika Jerman ingin mengurangi potensi nuklirnya dan melemahkan NATO, maka mungkin Polandia, yang dengan jujur memenuhi kewajiban (finansial), memahami risiko yang dihadapi sisi timur NATO, dapat menjadi tuan rumah potensi ini," ucap Mosbacher, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (17/5/2020).

Pejabat Polandia belum menanggapi saran Mosbacher. Warsawa sebelumnya bersemangat untuk menjadi tuan rumah pasukan konvensional Amerika, berjanji untuk membangun "Fort Trump" untuk tujuan itu dan membayarnya dengan uangnya sendiri.

Pernyataan Mosbacher datang sebagai tanggapan terhadap pernyataan Duta Besar AS utuk Jerman, Richard Grenell, yang meminta Berlin untuk menjadi tuan rumah senjata nuklir Amerika, yang ia sebut sebagai "pencegah" terhadap dugaan agresi oleh Rusia, China, dan Korea Utara.

Grenell mengkritik gagasan menghapus nuklir AS dari Jerman, sesuatu yang baru-baru ini dibahas oleh para politisi Jerman, dengan mengatakan bahwa itu akan menjadi pengkhianatan terhadap komitmen Berlin terhadap NATO.

"Sekutu berharap Jerman tetap menjadi kekuatan untuk perdamaian, seperti yang dikatakan Menteri Luar Negeri, Heiko Maas baru-baru ini. Daripada mengikis solidaritas yang mendasari pencegah nuklir NATO, sekarang adalah saatnya bagi Jerman untuk mempertahankan komitmennya kepada sekutunya melalui investasi berkelanjutan dalam nuklir NATO," kata Grenell.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)