Mengenal Rashida Tlaib, Anggota DPR AS yang Disanksi Akibat Bela Palestina

Kamis, 09 November 2023 - 14:01 WIB
loading...
Mengenal Rashida Tlaib, Anggota DPR AS yang Disanksi Akibat Bela Palestina
Anggota DPR AS Rashida Tlaib yang berdarah Palestina. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mendengar nama Rashida Tlaib, sebagian orang mungkin masih tampak asing. Ia merupakan salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) yang belakangan menjadi sorotan karena lantang membela Palestina.

Di satu sisi, Rashida memang mendapat banyak dukungan dari kelompok pro-Palestina. Namun, ia juga dikecam para anggota DPR AS lainnya atas sikapnya tersebut.

Mengutip Al Jazeera, Kamis (9/11/2023), para anggota lain menuduh Rashida mempromosikan narasi palsu terkait serangan Hamas ke Israel. Ia juga dianggap berupaya menggalang dukungan untuk melakukan ‘Penghancuran Israel’.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Rashida Tlaib ini?

Sosok Rashida Tlaib


Rashida Tlaib merupakan salah seorang politikus dan pengacara Amerika Serikat. Ia juga tercatat sebagai salah satu anggota Partai Demokrat.

Lahir dan besar di Detroit, Rashida memiliki latar belakang keluarga imigran Palestina. Ia diketahui sebagai anak tertua dari 14 bersaudara.

Rashida meraih gelar sarjana ilmu politik dari Wayne State University pada 1998. Setelahnya, ia melanjutkan studi jurusan hukum di Thomas M Cooley Law School.

Menamatkan pendidikan tinggi di bidang hukum, Rashida cukup tertarik untuk masuk ke ranah politik. Ia sempat magang di kantor anggota DPRD Michigan Steve Tobacman pada 2004.

Pada 2008, Rashida mencatatkan sejarah baru setelah menjadi perempuan Muslim pertama yang bertugas di Badan Legislatif Michigan. Dalam pekerjaannya, Rashida sangat disukai warga. Hal ini tak terlepas dari layanan konstituen transformatif yang diberikan.

Setelah itu, ia juga sempat bekerja di firma hukum yang menyediakan layanan bantuan untuk para buruh. Seiring waktu, karier Rashida semakin cemerlang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)