Boikot Produk Barat Melanda Timur Tengah: ‘Apakah Anda Membunuh Warga Palestina Hari Ini?’

Selasa, 07 November 2023 - 07:39 WIB
loading...
Boikot Produk Barat Melanda Timur Tengah: ‘Apakah Anda Membunuh Warga Palestina Hari Ini?’
Gerakan boikot produk Barat melanda Timur Tengah setelah Israel melakukan pembantaian besar-besaran warga Palestina di Gaza. Foto/via DAWN
A A A
MANAMA - Di sebuah toko serba ada di Bahrain, Jana Abdullah yang berusia 14 tahun membawa tablet saat dia berbelanja, memeriksa daftar merek Barat yang harus dihindari saat Israel melancarkan perang melawan Hamas di Gaza, Palestina.

Jana dan adik laki-lakinya yang berusia 10 tahun, Ali, biasa makan di McDonald’s hampir setiap hari. Namun mereka termasuk di antara banyak orang di Timur Tengah yang kini memboikot produk-produk yang mereka yakini mendukung Israel.

Dengan penyebaran kampanye di media sosial termasuk TikTok, anak-anak serta orang tua mereka menghindari merek-merek besar seperti Starbucks, KFC, dan Carrefour.



“Kami sudah mulai memboikot semua produk yang mendukung Israel sebagai solidaritas terhadap Palestina,” kata Jana kepada AFP, yang dilansir Selasa (7/11/2023).

“Kami tidak ingin uang kami berkontribusi pada lebih banyak pertempuran,” imbunya, sembari mencari pengganti lokal.

Gerakan boikot produk Barat ini secara bertahap meluas sejak kelompok perlawanan Palestina; Hamas, melancarkan serangan besar-besaran pada 7 Oktober terhadap Israel. Serangan yang diberi nama Operasi Badai al-Aqsa itu menewaskan lebih dari 1.400 orang dan ratusan lainnya diculik.

Sejak itu, Israel tanpa henti membombardir Gaza dan mengirimkan pasukan darat dalam serangan yang menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas telah menewaskan 10.022 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak.

Di seluruh kawasan, masyarakat Arab yang marah karena serangan Israel telah berbalik melawan merek-merek yang terkait dengan sekutu Israel, terutama Amerika Serikat (AS).

Boikot tersebut disertai dengan seruan kepada negara-negara Arab untuk memutuskan hubungan dengan Israel, sementara demonstrasi pro-Palestina terjadi setiap pekan di setiap ibu kota.

Turki dan Yordania telah menarik duta besarnya untuk Israel, dan parlemen Bahrain mengatakan hubungan dagang telah dihentikan—meskipun belum ada konfirmasi dari pemerintah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)