Trump: Rex Tillerson Buang-buang Waktu Bernegosiasi dengan Korut

Minggu, 01 Oktober 2017 - 23:23 WIB
Trump: Rex Tillerson Buang-buang Waktu Bernegosiasi dengan Korut
Trump: Rex Tillerson Buang-buang Waktu Bernegosiasi dengan Korut
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengomentari langkah Sekretaris Negara Rex Tillerson yang mengedepankan dialog terkait permasalahan di Semenanjung Korea. Menurutnya, Tillerson hanya membuang-buang waktu untuk melakukan negosiasi dengan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un.

Dalam dua tweet di akun Twitternya, Trump menyiratkan bahwa AS harus berhenti mencoba untuk berbicara dengan Korut. Sebaliknya, AS harus melihat cara lain dalam menghadapi ancaman nuklir negara yang tertutup itu.

"Saya mengatakan kepada Rex Tillerson, Sekretaris Negara kita yang luar biasa, bahwa dia menyia-nyiakan waktunya untuk mencoba bernegosiasi dengan Little Rocket Man," cuit Trump.

"Hemat energi Rex, kita akan melakukan apa yang harus dilakukan!" cuitnya lagi seperti dikutip dari laman Time, Minggu (1/10/2017).

Pernyataan Trump muncul setelah Tillerson mengatakan kepada wartawan bahwa AS sedang berusaha untuk "menenangkan segalanya" dengan Korut setelah perang retorika antara Trump dengan Jong-un. Tillerson pada hari Sabtu mengatakan AS memiliki jalur komunikasi terbuka ke rezim Kim Jong-un.

"Kami memiliki jalur komunikasi dengan Pyongyang. Kami tidak dalam situasi gelap, hilang kesadaran. Kami punya beberapa, tiga saluran terbuka untuk Pyongyang. Kami bisa berbicara dengan mereka, kami berbicara dengan mereka," kata Tillerson.

Baca Juga: Tillerson: AS Punya 'Saluran Langsung' ke Pyongyang

Tillerson sendiri berada di Beijing untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Menteri Luar Negeri Wang Yi untuk membahas Korut dan isu lainnya, serta meletakkan dasar bagi kunjungan Trump ke China pada awal November mendatang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4627 seconds (0.1#10.140)