Kurdi Irak Isyaratkan Merdeka, Tentara Turki di Perbatasan Siap Aksi

Selasa, 26 September 2017 - 08:09 WIB
Kurdi Irak Isyaratkan Merdeka, Tentara Turki di Perbatasan Siap Aksi
Kurdi Irak Isyaratkan Merdeka, Tentara Turki di Perbatasan Siap Aksi
A A A
ANKARA - Rakyat Kurdi Irak rata-rata menyuarakan untuk merdeka dalam pemungutan suara referendum kemerdekaan. Referendum itu disikapi Turki dengan pengerahan tentara di perbatasan Irak yang kini sudah siap bertindak.

Meski rata-rata warga Kurdi Irak mengisyaratkan merdeka dari Baghdad, namun hasil pengumuman resmi referendum yang digelar hari Senin akan diketahui pada hari ini (26/9/2017).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam pemungutan suara referendum kemerdekaan Kurdi Irak. Dia membenarkan bahwa tentaranya sudah berada di perbatasan Irak-Turki. ”Siap untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan,” ujarnya.

Pemimpin Ankara ini sudah memperingatkan bahwa referendum kemerdekaan Pemerintah Otonom Kurdi dapat berakibat konsekuensi yang meluas untuk wilayah tersebut, termasuk aksi militer Turki dan blokade pipa minyak.

“(Sebagai) tetangga, Turki seharusnya tidak mengharapkan kami untuk menutup mata,” kata Erdogan di Twitter melalui akun @RT_Erdogan. ”Kami akan terus bekerja sesuai dengan integritas teritorial Irak,” lanjut dia.

Dia menambahkan bahwa segala yang berkaitan dengan Irak dan Suriah yang menimbulkan ancaman bagi Turki, maka pihaknya akan menggunakan semua opsi.

Komentar Erdogan muncul untuk menggemakan pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki yang berjanji bahwa Ankara akan mengambil setiap tindakan berdasarkan hukum internasional. ”Dan dari kewenangan yang diberikan oleh Majelis Nasional Agung Turki,” kata kementerian itu mengacu pada mandate parlemen untuk aksi militer di Irak untuk menjamin keamanan nasional Ankara.

Suara-suara Kurdi Irak untuk memilih merdeka salah satunya muncul dari Kepala Departemen Hubungan Luar Negeri Kurdi Irak Falah Mustafa.

“Bangga dan istimewa, telah memilih ‘ya’ dalam anjuran referendum yang bersejarah saat ini tentang kemerdekaan Kurdistan. Ini adalah saat yang tak terlupakan dalam hidup saya!,” tulis Mustafa di Twitter via akun Twitter-nya, @FalahMustafa.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3103 seconds (0.1#10.140)