Ketua Pengawas DPR AS: Biden Ambil Rp633 Juta dalam Pencucian Uang China

Kamis, 02 November 2023 - 17:00 WIB
loading...
Ketua Pengawas DPR AS: Biden Ambil Rp633 Juta dalam Pencucian Uang China
Ilustrasi dari memo mayoritas Partai Republik Komite Pengawas DPR AS, 1 November 2023. Foto/X/©Oversight.house.gov
A A A
WASHINGTON - Anggota Kongres Amerika Serikat dari Partai Republik memiliki bukti Presiden AS Joe Biden secara pribadi mendapat keuntungan dari putranya Hunter Biden yang menjual akses ke keluarga tersebut kepada China.

Anggota Kongres James Comer mengumumkan hal itu pada Rabu (1/11/2023). Partai Republik terus menyoroti skandal antara keluarga Biden dan berbagai perusahaan asing di penjuru dunia.

“Dia tidak hanya berbohong tentang putranya Hunter yang menghasilkan uang di China, tetapi ternyata uang China yang dicuci sebesar USD40.000 (Rp633 juta) juga masuk ke rekening bank Joe Biden dalam bentuk cek pribadi. Dan Komite Pengawas memilikinya,” tegas Comer, anggota Partai Republik asal Kentucky, dalam pesan video.



Memo setebal 12 halaman yang dibuat staf komite Partai Republik tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan jejak uang dari cek pribadi yang ditulis oleh James dan Sarah Biden, saudara laki-laki presiden saat ini dan istrinya, pada tanggal 3 September 2017.

Cek itu sendiri menyatakan itu adalah “pembayaran kembali pinjaman,” namun uang tersebut awalnya berasal dari raksasa energi China CEFC dan disalurkan melalui putra presiden, Hunter Biden, menurut memo itu.
Putra Biden, Hunter dan saudaranya James, mulai bekerja dengan CEFC pada 2016, ketika Joe Biden masih menjadi wakil presiden Barack Obama.

Perusahaan tersebut berkomitmen menginvestasikan USD10 juta dalam usaha patungan dengan keluarga Biden, yang menurut catatan yang ditemukan di laptop Hunter Biden yang ditinggalkan akan mencakup sepuluh persen saham untuk “orang besar”, yang secara luas dipahami sebagai ayahnya.

Pada tanggal 30 Juli 2017, Hunter mengirim pesan WhatsApp kepada rekan CEFC Raymond Zhao, meminta untuk mengetahui di mana uang itu, “Saya duduk di sini bersama ayah saya dan kami ingin memahami mengapa komitmen yang dibuat belum terpenuhi. Saya sangat khawatir bahwa Chairman telah berubah pikiran dan melanggar kesepakatan kita tanpa memberi tahu saya atau bahwa dia tidak menyadari janji-janji dan jaminan yang telah dibuat tidak ditepati. Beritahu direktur bahwa saya ingin menyelesaikan masalah ini sekarang sebelum menjadi tidak terkendali. Dan sekarang berarti malam ini.”

Tanggapan dari Zhao, tertanggal 31 Juli, mengatakan bahwa CEFC “bersedia bekerja sama dengan keluarga itu.”

Menurut Comer, ini adalah bukti “skema pemerasan berhasil.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)