Singgung Nuklir, Sekjen PBB: Kita Jangan Ngantuk di Perjalanan Menuju Perang

Rabu, 20 September 2017 - 00:14 WIB
Singgung Nuklir, Sekjen PBB: Kita Jangan Ngantuk di Perjalanan Menuju Perang
Singgung Nuklir, Sekjen PBB: Kita Jangan Ngantuk di Perjalanan Menuju Perang
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Banga-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan para pemimpin dunia bahwa ancaman serangan nuklir berada pada tingkat tertinggi sejak berakhirnya Perang Dingin. Dia juga meminta masyarakat dunia jangan lelah, karena situasi seperti di ambang perang.

Peringatan Guterres ini muncul dalam laporan pertamnya sejak menjabat sebagai Sekjen PBB 1 Januari silam.

“Bahaya nuklir ancaman utama,” katanya, dalam laporan tersebut. ”Kita jangan mengantuk di perjalanan menuju perang,” lanjut Guterres.

Laporan itu dia sampaikan dalam pidato di sidang ke-72 Majelis Umum PBB di markas besar PBB di New York, hari Selasa waktu setempat.

Secara khusus Guterres mengecam uji coba peluru kendali (rudal) dan senjata nuklir Korea Utara yang dia sebua provokatif.

”Jutaan orang hidup di bawah bayang-bayang ketakutan yang dilontarkan oleh tes nuklir dan rudal provokatif Korea Utara,” katanya.

Guterres mengatakan solusi untuk ancaman nuklir Korea Utara harus bersifat politis dan menekankan kedewasaan para pemimpin dunia. ”Ini adalah saatnya untuk kenegarawanan,” katanya, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (20/9/2017).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4280 seconds (0.1#10.140)