Bagaimana PM Israel Benjamin Netanyahu Merencanakan Perang Gaza?

Kamis, 02 November 2023 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Masalah pemukiman dan keengganan Netanyahu untuk terlibat dalam perundingan perdamaian dengan itikad baik telah membuat banyak orang asing sezaman dengan Netanyahu selama bertahun-tahun. “Saya tidak tahan dengan Netanyahu,” mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy tertangkap kamera sedang berbicara kepada Presiden Amerika saat itu Barack Obama melalui mikrofon pada tahun 2011. “Dia pembohong.”

“Anda muak dengan dia, tapi saya harus lebih sering berurusan dengannya daripada Anda,” jawab Obama.

Menurut Vesconi, Netanyahu meyakini seluruh sejarah Palestina harus menjadi milik Israel. Ini adalah keyakinan yang berakar pada masa kecil Netanyahu.

3. Anak ayah

Bagaimana PM Israel Benjamin Netanyahu Merencanakan Perang Gaza?

Foto/Reuters

Benzion Netanyahu, ayah perdana menteri, adalah pendukung Ze'ev Jabotinsky – pendukung apa yang dikenal sebagai Zionisme Revisionis – yang percaya bahwa negara Yahudi harus mencakup kedua sisi Sungai Yordan. Artinya, itu berarti Israel yang mencakup wilayah negara tersebut saat ini, Tepi Barat, Gaza, dan sebagian atau seluruh Yordania.

Setelah gagal mendapatkan posisi di Universitas Ibrani Yerusalem, Benzion memindahkan keluarganya ke Amerika Serikat dan mengambil posisi di Universitas Cornell tempat dia mengajar Studi Yudaisme. Penolakan itu ia bawa seumur hidupnya, dan bersamaan dengan itu, ia juga tidak percaya pada kaum intelektual dan Partai Buruh Israel.

Netanyahu sangat menghormati ayahnya, yang meninggal pada tahun 2012 pada usia 102 tahun. Dia mengatakan ayahnya tahu “bagaimana mengidentifikasi bahaya pada waktunya” dan “menarik kesimpulan yang diperlukan”.

Netanyahu belajar bahwa hubungan bersifat transaksional – bukan altruistik – dan “bahwa manusia terus-menerus hidup dalam perjuangan Darwin untuk bertahan hidup”, menurut penelitian ‘Abd al-Hay.

Perdana Menteri Israel saat ini sedang melakukan perjuangannya sendiri untuk bertahan dalam jabatannya. Dia pernah mendapat dukungan dari kaum konservatif yang sangat religius dan kapitalis muda liberal yang bekerja di sektor-sektor seperti teknologi – yang oleh Vesconi disebut sebagai dua sektor borjuis.

Namun belakangan ini, ia telah kehilangan kelompok liberal, sementara kelompok sayap kanan telah meningkatkan dukungan mereka terhadap apa yang disebut Kimhi “hampir seperti aliran sesat”. Mulai Januari 2023, warga Israel membanjiri jalan-jalan untuk memprotes reformasi peradilan yang luas. Netanyahu mengatakan perubahan tersebut untuk menyeimbangkan pengadilan intervensionis.

Sementara itu, dia saat ini diadili karena korupsi, penipuan dan pelanggaran kepercayaan dan opini publik sebagian besar menyalahkan dia karena membiarkan serangan 7 Oktober yang menyebabkan Hamas menerobos pagar perbatasan, menewaskan sekitar 1.400 orang dan menawan sekitar 200 orang.

4. Akan memperpanjang perang

Bagaimana PM Israel Benjamin Netanyahu Merencanakan Perang Gaza?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)