alexa snippet

Badai Irma Amuk Florida, AS Kirim Kapal Induk untuk Operasi SAR

Badai Irma Amuk Florida, AS Kirim Kapal Induk untuk Operasi SAR
Badai Irma saat mendekati wilayah sekitar Miami, Florida, 10 September 2017. Foto/REUTERS/Carlos Barria
A+ A-
MIAMI - Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) mengirim sebuah kapal induk dan kapal-kapal Angkatan Laut lainnya untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) di Florida yang diterjang Badai Irma.

Enam orang tewas di sejumlah wilayah di Florida sejak badai ganas itu mulai melanda Sabtu pekan lalu. Pada hari Senin waktu setempat, jembatan layang di wilayah tersebut juga diterjang Badai Irma yang oleh gubernur setempat menimbulkan pemandangan kehancuran.

”Saya hanya berharap semua orang selamat,” kata Gubernur Florida Rick Scott, seperti dikutip Fox News, Selasa (12/9/2017).

Dia mengatakan bahwa kapal-kapal dilemparkan ke darat. Listrik juga masih lumpuh. ”Saya rasa saya tidak melihat sebuah taman trailer di mana hampir semuanya tidak terbalik,” ujar Scott.

Media-media setempat menggambarkan pemandangan di wilayah Florida seperti medan perang akibat terjangan badai yang membawa angin 130 mph (209 kph) tersebut.
 
Badai Irma sudah melemah dan telah meninggalkan Florida sejak Senin sore setelah badai itu menjerang seluruh wilayah negara bagian tersebut sepanjang 400 mil. Pada Senin malam waktu setempat badai tersebut mendekati Columbus, Georgia.

Selain menewaskan enam orang di Florida, Badai Irma juga menyebabkan tiga orang tewas di Georgia dan satu orang tewas di South Carolina. Di wilayah Karibia, 35 orang tercatat meninggal selama badai itu menerjang pada pekan lalu.

Menurut Scott, kerusakan terburuk terjadi di wilayah Keys. Sedangkan di Naples dan Fort Myers, kerusakan tidak seburuk seperti yang dikhawatirkan.

”Mengerikan, apa yang kita lihat,” kata Scott. ”Saya tahu seluruh negara bagian kita, terutama Keys, ini akan menjadi jalan yang panjang,” ujarnya.

Dia mengatakan Angkatan Laut mengirim kapal USS Iwo Jima, USS New York dan kapal induk Abraham Lincoln untuk membantu operasi SAR dan pengiriman bantuan lainnya.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top