Timur Tengah Terancam Perang Besar, Ini 18 Pangkalan AS di Dekat Iran

Minggu, 29 Oktober 2023 - 16:44 WIB
loading...
Timur Tengah Terancam Perang Besar, Ini 18 Pangkalan AS di Dekat Iran
Lokasi 18 pangkalan AS di dekat Iran. Timur Tengah terancam perang besar buntut dari perang Israel-Hamas yang kian memanas. Foto/Heritage
A A A
TEHERAN - Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan Iran atau sekutunya agar tidak melakukan eskalasi apa pun di tengah perang Israel-Hamas. Teheran juga mengeluarkan peringatan bahwa "perang bisa lepas kontrol" jika militer tidak berhenti menginvasi Gaza, Palestina.

Aksi saling mengeluarkan peringatan ini telah membuat situasi di Timur Tengah terancam perang besar.

Tak sekadar mengeluarkan peringatan, Washington telah mengerahkan sistem rudal THAAD dan Patriot tambahan ke Timur Tengah. Amerika sebelumnya telah mengirim dua kelompok tempur kapal induk untuk membela Israel dari potensi serangan pihak ketiga.



Sedangkan Iran menggelar latihan serangan rudal sebagai persiapan untuk hal terburuk yang mungkin terjadi.

Washington pada pekan lalu memerintahkan staf non-darurat untuk meninggalkan kedutaan besarnya di Irak.

“Kami prihatin dengan kemungkinan proksi Iran meningkatkan serangan mereka terhadap personel kami, orang-orang kami,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.“Kami memperkirakan ada kemungkinan eskalasi.”

“Tidak seorang pun boleh memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan serangan lebih lanjut terhadap Israel atau, dalam hal ini, serangan terhadap personel kami," lanjut Blinken.

"AS akan mengambil segala tindakan untuk memastikan bahwa kami dapat mempertahankan pasukan kami. Dan jika perlu, merespons dengan tegas."

Di Teheran, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian memperingatkan Israel dan AS bahwa jika Israel tidak menghentikan serangannya terhadap Gaza, situasi Timur Tengah “akan lepas kendali".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)