AS dan Iran Saling Keluarkan Peringatan Keras, Timur Tengah Semakin Genting

Senin, 23 Oktober 2023 - 10:21 WIB
loading...
AS dan Iran Saling Keluarkan Peringatan Keras, Timur Tengah Semakin Genting
Amerika Serikat dan Iran sama-sama keluarkan peringatan keras terkait perang Israel-Hamas di Gaza, Palestina. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Amerika Serikat memperingatkan Iran atau sekutunya agar tidak melakukan eskalasi apa pun di tengah perang Israel-Hamas. Teheran juga mengeluarkan peringatan bahwa "perang bisa lepas kontrol" jika militer Zionis nekat meluncurkan invasi darat ke Gaza, Palestina.

Aksi saling mengeluarkan peringatan ini telah membuat situas di Timur Tengah semakin genting.

Tak sekadar mengeluarkan peringatan, Washington juga mengumumkan rencana pengerahan sistem rudal THAAD dan Patriot dalam jumlah yang tak diungkapkan ke Timur Tengah. Amerika sebelumnya telah mengirim dua kelompok tempur kapal induk untuk membela Israel dari potensi serangan pihak ketiga.



Washington pada hari Minggu memerintahkan staf non-darurat untuk meninggalkan kedutaan besarnya di Irak.

“Kami prihatin dengan kemungkinan proksi Iran meningkatkan serangan mereka terhadap personel kami, orang-orang kami,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken kepada CBS News, yang dilansir Senin (23/10/2023). “Kami memperkirakan ada kemungkinan eskalasi.”

“Tidak seorang pun boleh memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan serangan lebih lanjut terhadap Israel atau, dalam hal ini, serangan terhadap personel kami," lanjut Blinken.

"AS akan mengambil segala tindakan untuk memastikan bahwa kami dapat mempertahankan pasukan kami. Dan jika perlu, merespons dengan tegas."

Kata-katanya memperkuat pesan sebelumnya dari Menteri Pertahanan Lloyd Austin, yang memperingatkan “prospek peningkatan serangan yang signifikan terhadap pasukan AS” di Timur Tengah.

Namun Austin, ketika berbicara kepada ABC News, mengeluarkan peringatan keras. "Jika ada kelompok atau negara mana pun yang ingin memperluas konflik ini dan mengambil keuntungan dari situasi yang sangat tidak menguntungkan ini, saran kami adalah: jangan."

“Kami mempertahankan hak untuk membela diri dan kami tidak akan ragu untuk mengambil tindakan yang tepat,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)