Biden Bertemu Menlu China untuk Buka Jalan Duduk Bareng dengan Xi Jinping

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 08:58 WIB
loading...
A A A
Wang sendiri setelah bertemu dengan Blinken pada hari Kamis lalu mengatakan bahwa dia ingin menstabilkan hubungan AS-China dan mengurangi kesalahpahaman setelah ketegangan selama bertahun-tahun.

Mengakui bahwa perbedaan masih akan muncul, Wang mengatakan China akan menanggapinya dengan tenang

"Kami berpandangan bahwa apa yang benar dan apa yang salah tidak ditentukan oleh siapa yang memiliki kekuatan atau suara yang lebih keras," ujarnya.

Biden dan Xi Jinpinng tidak melakukan kontak sejak pertemuan di Bali pada November 2022.



Hubungan antara dua negara dengan perekonomian terbesar dunia ini diliputi ketegangan selama bertahun-tahun karena mereka bersaing untuk mendapatkan pengaruh di kawasan Asia-Pasifik dan sekitarnya, dan ketika Beijing meningkatkan kerja sama dengan Rusia dalam upaya mengurangi dominasi AS.

Ketegangan meningkat terutama terkait Taiwan, negara demokrasi dengan pemerintahan sendiri yang diklaim wilayahnya oleh Beijing, yang selama setahun terakhir telah melancarkan latihan militer besar-besaran sebagai tanggapan atas tindakan anggota parlemen AS.

Amerika Serikat dan China juga saling bertukar kecaman atas konflik di Timur Tengah, tempat Biden menjadi sekutu utama Israel.

Para pejabat AS telah berulang kali menyatakan akan menciptakan “pagar pembatas” dengan China untuk mencegah skenario terburuk dan telah berupaya, namun tidak membuahkan hasil, untuk memulihkan kontak antara militer kedua negara.

Biden pada hari Rabu memperingatkan China tentang kewajiban perjanjian AS kepada Filipina, yang mengatakan bahwa kapal-kapal China dengan sengaja menyerang kapal-kapal Manila di perairan yang penuh sengketa – sebuah pernyataan yang dibantah oleh Beijing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)