Biden Bertemu Menlu China untuk Buka Jalan Duduk Bareng dengan Xi Jinping

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 08:58 WIB
loading...
Biden Bertemu Menlu China untuk Buka Jalan Duduk Bareng dengan Xi Jinping
Menteri Luar Negeri China Wang Yi. Foto/The Hill
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bertemu dengan Menteri Luar Negeri China , Wang Yi, di Gedung Putih pada Jumat (27/10/2023) waktu setempat. Pertemuan ini untuk mempersiapkan kemungkinan kunjungan pemimpin China Xi Jinping ke AS ketika kedua negara berusaha meredakan ketegangan.

Biden telah mengundang Xi Jinping ke San Francisco bulan depan untuk menghadiri KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), namun ia juga bersikap tegas terhadap China, mempertahankan sanksi dan mendukung sekutu AS yang berselisih dengan Beijing.

"Biden mengatakan kepada diplomat terkemuka China Wang Yi bahwa Washington dan Beijing harus mengelola persaingan dalam hubungan secara bertanggung jawab dan menjaga jalur komunikasi terbuka" kata Gedung Putih.

"Dengan konflik Israel-Hamas yang berkecamuk di Timur Tengah, Biden juga menggarisbawahi bahwa Amerika Serikat dan China harus bekerja sama untuk mengatasi tantangan global" tambah Gedung Putih dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (28/10/2023).

Gedung Putih merilis foto Biden dan Wang Yi berjabat tangan. Jurnalis tidak diizinkan menghadiri pertemuan tersebut, yang juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Anthony Blinken dan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa belum ada konfirmasi bahwa Xi Jinping akan duduk bersama Biden di San Francisco.



Namun dia mengatakan pertemuan selama satu jam di Ruang Roosevelt Gedung Putih adalah perkembangan positif dan peluang bagus untuk menjaga pembicaraan tetap berjalan.

"Perang Israel-Hamas tentu saja ada dalam agenda," ucap Kirby. "Begitu juga dengan topik global seperti perubahan iklim," tambahnya.

Wang Yi telah melakukan kunjungan dua hari ke Washington di mana ia juga bertemu dengan Blinken dan Sullivan, yang terbaru dari serangkaian kontak tingkat tinggi antara Amerika Serikat dan China. Menteri Luar Negeri China itu diperkirakan akan bertemu Biden setelah Blinken bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing pada bulan Juni lalu, tetapi hal itu belum dikonfirmasi sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)