Petinggi Hamas, Hizbullah, Jihad Islam Bertemu Bahas Taktik Perang Kalahkan Israel

Kamis, 26 Oktober 2023 - 10:57 WIB
loading...
Petinggi Hamas, Hizbullah, Jihad Islam Bertemu Bahas Taktik Perang Kalahkan Israel
Petinggi Hizbullah, Hamas, dan Jihad Islam bertemu di lokasi rahasia membahas takik memenangkan perang melawan Israel. Foto/via REUTERS
A A A
BEIRUT - Pemimpin Hizbullah Lebanon telah bertemu dengan para pemimpin tertinggi Hamas dan Jihad Islam Palestina (PIJ) untuk membahas taktik memenangkan perang melawan Israel.

Media-media Lebanon merilis gambar pertemuan di lokasi yang dirahasiakan tersebut. Gambar itu menampilkan Sayyed Hassan Nasrallah dari Hizbullah duduk bersama wakil ketua Hamas Saleh al-Arouri dan ketua Jihad Islam Ziad al-Nakhala.

Gambar yang dirilis stasiun televisi al-Manar milik Hizbullah menunjukkan Nasrallah duduk di kursi empuk dengan sandaran sayap, sementara para pemimpin PIJ dan Hamas bersandar di sofa panjang di hadapannya.

Ketiganya berdiskusi di sebuah ruang dengan latar belakang foto mantan dan Pemimpin Tertinggi Iran saat ini, Ruhollah Khomeini dan Ali Khamenei.

Sekadar diketahui, Iran merupakan pendukung utama ketiga kelompok militan tersebut.

"Pertemuan ini menilai posisi yang diambil secara internasional dan apa yang harus dilakukan oleh Poros Perlawanan," bunyi laporan stasiun televisi al-Manar, Rabu (25/10/2023) malam.



Pertemuan mereka menambah kekhawatiran bahwa konflik sengit antara Israel dan Hamas dapat memicu meluasnya perang di Timur Tengah.

Para pakar telah memperingatkan bahwa kawasan Timur Tengah berada di tepi "jurang yang dalam dan berbahaya" karena momok perang semakin besar.

Tor Wennesland, Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, mengatakan setiap peningkatan kekerasan dapat mengubah arah konflik Israel-Palestina menjadi lebih buruk dan menyeret seluruh Timur Tengah ke dalamnya.

“Peristiwa beberapa hari terakhir telah menyulut kembali keluhan dan menghidupkan kembali aliansi di seluruh kawasan,” katanya kepada Dewan Keamanan PBB.

"Risiko perluasan konflik ini sangat nyata dan sangat berbahaya," katanya lagi.

Dan Jon Alterman, wakil presiden senior di Center for Strategic and International Studies (CSIS), menggarisbawahi gawatnya situasi ini, dengan alasan bahwa dinamika regional yang kompleks berarti konflik bisa menjadi tidak terkendali dalam waktu singkat.

“Jika hal ini mulai memburuk, hal ini bisa menjadi buruk di banyak tempat secara bersamaan dan sangat cepat. Kita benar-benar sedang menuju ke suatu hal yang tidak diketahui," katanya kepada Washington Post.

Setelah serangan mengejutkan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, yang merenggut nyawa 1.400 orang, Israel menanggapinya dengan kemarahan penuh, meluncurkan kampanye pengeboman yang tak henti-hentinya di Jalur Gaza yang pada gilirannya telah menewaskan ribuan warga Palestina.

Lebih dari dua minggu setelah perang tersebut, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah mengerahkan puluhan ribu tentara, tank, dan kendaraan lapis baja berat di sepanjang perbatasan dengan Gaza menjelang serangan darat skala penuh di daerah kantong Palestina tersebut.

Di perbatasan utara Israel dengan Lebanon, unit-unit Israel telah terlibat konflik dengan militan Hizbullah, yang juga menembakkan roket ke kota-kota Israel.

Sekarang di Yaman, pemberontak Houthi telah menembakkan rudal-rudalnya sendiri, yang pada pekan lalu memaksa kapal perang AS untuk meledakkan rudal-rudal tersebut di langit.

Sekarang, invasi langsung ke Gaza tampaknya akan segera terjadi.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pekan lalu mendesak pasukannya untuk siap untuk menyerang, dan menambahkan: "Siapa pun yang melihat Gaza dari jauh sekarang, akan melihatnya dari dalam...Mungkin diperlukan waktu seminggu, sebulan, dua bulan sampai kami menghancurkan mereka," katanya, mengacu pada Hamas.

Operasi semacam ini pasti akan sangat berdarah, dan analis militer dan pertahanan terkemuka serta Associate Fellow RUSI Sam Cranny-Evans, menyamakan potensi konflik dengan adegan pertempuran perkotaan yang paling sengit di tengah perang Irak.

"Taktik yang digunakan oleh IDF akan bergantung pada taktik yang digunakan oleh al-Qassam (sayap bersenjata Hamas)," katanya.

“Kemungkinan besar drone akan digunakan untuk menjatuhkan bom terhadap pasukan Israel, dan alat peledak improvisasi (IED) akan dikerahkan untuk memperlambat serangan tersebut. IDF telah mengalami teknologi ini, namun mereka mempunyai kemampuan untuk menimbulkan korban yang serius," paparnya.

Namun analis lain mengatakan ancaman yang lebih besar terhadap Israel akan datang dari negara lain.

Firas Maksad, peneliti senior di Middle East Institute di AS, menekankan potensi konsekuensi perang skala penuh dengan Lebanon, dan menyatakan bahwa hal itu akan menjadikan Gaza "menjadi tontonan saja".

Maksad memperingatkan bahwa kemampuan militer Hizbullah jauh melebihi kemampuan Hamas, yang berarti pasukan Israel akan menghadapi pertempuran sengit di utara jika kelompok yang berbasis di Lebanon tersebut memilih untuk melancarkan serangan skala penuh.

Dalam analisis konflik baru-baru ini di jurnal Foreign Affairs, peneliti senior di departemen Hubungan Internasional UCLA Dalia Dassa Kaye menulis: "Serangan rudal dari Hizbullah akan lebih mudah melumpuhkan pertahanan rudal Israel dibandingkan serangan paling ampuh sekalipun dari Hamas."

Momok konflik semacam ini membawa serta prospek kehancuran dan pertumpahan darah dalam tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang mungkin jauh melampaui semua perang sebelumnya dalam sejarah Israel.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)