Picu Perang Front Ketiga? AS, Korea Selatan, dan Jepang Gelar Latihan Udara yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Minggu, 22 Oktober 2023 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Seminggu sebelumnya, Pyongyang memperingatkan bahwa mereka siap untuk menanggapi setiap provokasi AS sehubungan dengan penempatan kelompok kapal induk AS di wilayah tersebut.

Korea Utara secara resmi memproklamirkan diri sebagai negara dengan kekuatan nuklir pada bulan September 2022 dan menerbitkan rincian doktrin nuklirnya, yang memungkinkan negara tersebut menggunakan senjata nuklirnya jika terjadi agresi nuklir musuh, atau serangan konvensional yang berpotensi “fatal”.

Doktrin tersebut menekankan bahwa “cara ampuh untuk mempertahankan kedaulatan, integritas teritorial, dan kepentingan fundamental negara” Korea Utara dirancang untuk mencegah “perang di Semenanjung Korea dan wilayah Asia timur laut serta menjamin stabilitas strategis negara tersebut.”

Hubungan Korea Utara dengan AS dan Korea Selatan telah memburuk secara dramatis selama dua setengah tahun terakhir, dengan hubungan pribadi antara Kim Jong Un dan Donald Trump digantikan oleh sikap dingin dan permusuhan antara Kim dan Biden ketika Biden beralih ke AS. melanjutkan latihan militer skala besar AS di Asia Timur. Pemilihan presiden Korea Selatan tahun lalu semakin memperburuk ketegangan, dengan pemerintahan baru secara resmi kembali menyebut DPRK sebagai negara “musuh”.

Selama kunjungan dua harinya ke Pyongyang minggu ini, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menyatakan “keprihatinan serius Moskow terhadap peningkatan aktivitas militer” di Semenanjung Korea “oleh Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan, serta kebijakan transfer Washington.” elemen infrastruktur strategis, termasuk elemen nuklirnya, ke kawasan.”

Rusia, tegas Lavrov, mendukung perundingan reguler “tanpa prasyarat apa pun” untuk meredakan ketegangan di semenanjung.
Kementerian Luar Negeri Korea Utara telah mencirikan AS, NATO, dan Washington sebagai “tumor kanker” yang membahayakan tatanan internasional yang berbasis di PBB.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)