Hizbullah: Kami Siap Berada di Jantung Perang Israel-Hamas

Minggu, 22 Oktober 2023 - 21:50 WIB
loading...
Hizbullah: Kami Siap Berada di Jantung Perang Israel-Hamas
Hizbullah siap berperang melawan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Seorang pejabat tinggi Hizbullah Sheikh Naim Kassem, bersumpah bahwa Israel akan menanggung akibatnya setiap kali mereka memulai serangan darat di Jalur Gaza. Dia mengatakan Hizbullah yang berbasis di Lebanon sudah “berada di jantung pertempuran.”

Komentar wakil pemimpin Hizbullah, Sheikh Naim Kassem, muncul ketika Israel melancarkan serangan drone di Lebanon selatan dan Hizbullah menembakkan roket dan rudal ke Israel. Hizbullah mengatakan enam pejuangnya tewas pada Sabtu, jumlah korban harian tertinggi sejak kekerasan dimulai dua minggu lalu.

Bagi Hizbullah, memanaskan perbatasan Lebanon-Israel memiliki tujuan yang jelas, Kassem berkata: “Kami mencoba melemahkan musuh Israel dan memberi tahu mereka bahwa kami siap.” Para pejabat Hamas mengatakan bahwa jika Israel memulai serangan darat di Gaza, Hizbullah akan bergabung dalam pertempuran tersebut.

Baku tembak di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel meningkat dalam dua minggu sejak serangan kelompok militan Palestina Hamas yang menewaskan lebih dari 1.400 warga sipil dan tentara di Israel selatan. Serangan balasan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 4.000 warga Palestina.



Ada kekhawatiran bahwa Hizbullah yang didukung Iran, yang memiliki persenjataan yang terdiri dari puluhan ribu roket dan rudal serta berbagai jenis drone, mungkin mencoba membuka front baru dalam perang Israel-Hamas dengan serangan skala besar. di Israel utara.

Kassem mengatakan kelompoknya, yang bersekutu dengan Hamas, telah mempengaruhi jalannya konflik dengan memanaskan perbatasan Lebanon-Israel dan mengikat tiga divisi tentara Israel di utara alih-alih bersiap berperang di Gaza.

“Apakah Anda percaya bahwa jika Anda mencoba untuk menghancurkan perlawanan Palestina, pejuang perlawanan lainnya di kawasan ini tidak akan bertindak?” ungkap Kassem mengatakan dalam pidatonya hari Sabtu saat pemakaman seorang pejuang Hizbullah, dilansir Arab News. “Kami berada di jantung pertempuran hari ini. Kami meraih prestasi melalui pertempuran ini.”

Pada hari Jumat, militer Israel mengumumkan evakuasi kota perbatasan di mana tiga warganya terluka dalam baku tembak sehari sebelumnya.

Kantor Berita Nasional Lebanon melaporkan bahwa sebuah pesawat tak berawak Israel menembakkan rudal ke sebuah lembah di daerah Sejoud, sekitar 20 kilometer (12 mil) utara perbatasan Israel. Hizbullah tidak segera mengkonfirmasi serangan tersebut, namun jika benar serangan tersebut akan menandai peningkatan besar karena letaknya jauh di dalam Lebanon dan jauh dari perbatasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)