4 Sumber Dana Hamas, dari Kripto hingga Investasi

Minggu, 22 Oktober 2023 - 19:56 WIB
loading...
4 Sumber Dana Hamas, dari Kripto hingga Investasi
Hamas menggunakan berbagai jalur untuk mendapatkan dana untuk melawan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perang itu mahal. Jadi bagaimana Hamas – kelompok pejuang Gaza yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa – mendanai perjuangan mereka melawan Israel, yang menerima hampir USD4 miliar bantuan militer dari AS per tahun.

Jawabannya ditemukan dalam jaringan investasi bisnis yang kompleks, badan amal palsu, transaksi kripto, dan dukungan internasional yang mempersulit penentuan nilai pasti Hamas. Namun, para ahli memperkirakan organisasi militan tersebut memiliki anggaran operasional sebesar ratusan juta.

“Hamas punya dua sayap. Mereka punya sayap layanan sosial dan sayap militer, dan sayap layanan sosial sangat aktif dalam upaya menggalang dana – namun dana tersebut pasti akan disalurkan ke militer,” kata Victor Asal, direktur Hamas Pusat Penelitian Kebijakan dan profesor ilmu politik di Universitas Albany, Universitas Negeri New York, mengatakan kepada Insider.

Berikut adalah 4 kelompok yang mendanai Hamas dan bagaimana kelompok itu mendanai perjuangannya.

1. Badan Amal

4 Sumber Dana Hamas, dari Kripto hingga Investasi

Foto/Reuters

Secara historis, badan-badan amal yang berafiliasi dengan Hamas – yang dimaksudkan untuk menyediakan uang yang sangat dibutuhkan bagi penduduk Gaza yang berjuang untuk mendapatkan akses makanan atau perawatan medis yang cukup – telah menjadi pendorong dana untuk sayap militernya.

Meskipun sebagian dari dana tersebut pada akhirnya dapat menjangkau sasaran yang dituju, seringkali organisasi amal tersebut, yang berkantor pusat di luar Gaza dan terkadang berbasis di negara-negara Barat, merupakan garda depan yang canggih dalam operasi militer Hamas.

Pada tahun 2003, Departemen Keuangan AS menetapkan lima badan amal berbeda – yang berbasis di Inggris, Swiss, Austria, Lebanon, dan Prancis – sebagai organisasi teroris atas dukungan mereka terhadap Hamas.

Pada tahun 2009, Departemen Kehakiman menghukum para pemimpin Holy Land Foundation for Relief and Development yang berbasis di AS karena memberikan dukungan keuangan kepada kelompok pejuang tersebut.

Menanggapi tindakan keras internasional terhadap badan amal yang berafiliasi dengan Hamas, kelompok tersebut, dalam beberapa tahun terakhir, tidak terlalu bergantung pada metode penggalangan dana ini. Namun, hal ini tetap menjadi sumber pendapatan yang konsisten bagi kelompok militan tersebut, kata dua pakar kepada Insider.

2. Dukungan dari Iran

4 Sumber Dana Hamas, dari Kripto hingga Investasi

Foto/Reuters

Selain bidang amal, Matthew Levitt, mantan analis intelijen kontraterorisme di Biro Investigasi Federal, mengatakan kepada Insider bahwa dukungan internasional, terutama dari Iran, telah menjadi “satu-satunya hal yang konstan” dalam pendanaan Hamas, dan memperkirakan bahwa Iran berkontribusi antara lain USD70 dan USD100 juta per tahun untuk mendukung kelompok militan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)