Jurnalis Australia Cheng Lei Merasa Rapuh usai Ditahan di Penjara China

Kamis, 19 Oktober 2023 - 12:46 WIB
loading...
Jurnalis Australia Cheng Lei Merasa Rapuh usai Ditahan di Penjara China
Jurnalis Australia Cheng Lei dibebaskan setelah tiga tahun ditahan di penjara China. Foto/REUTERS
A A A
MELBOURNE - Jurnalis Australia Cheng Lei, yang dibebaskan pekan lalu setelah tiga tahun ditahan di China, mengatakan dalam wawancara pertamanya dengan saluran berita Sky News Australia bahwa dia sering merasa "sangat rapuh" bak bayi baru lahir dan merasa seperti bisa terbang.

Cheng pulang ke rumahnya pada Rabu lalu, dan bertemu kembali dengan anak-anaknya yang berusia 12 dan 14 tahun di Melbourne setelah dibebaskan dari penjara China.

Dia ditemui Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong di bandara Melbourne dan disambut pulang oleh Perdana Menteri (PM) Anthony Albanese melalui panggilan telepon. PM Albanese telah beberapa kali mengangkat kasus Cheng ketika berbicara dengan Presiden China Xi Jinping.

"Kadang-kadang saya merasa seperti orang cacat, seperti bayi baru lahir dan sangat rapuh, dan di lain waktu saya merasa seperti bisa terbang," ujar Cheng.



Cheng menangis saat mengingat kedua anaknya berlari ke arahnya di bandara pada Rabu lalu. Dia juga mengaku sedih saat melihat ibunya semakin tua dan berat badannya turun setelah memikul beban berat membesarkan kedua cucunya selama tiga tahun tanpa ketidakhadiran sosok ibu.

"Kami semua berteriak," kata Cheng, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (19/10/2023).

Cheng Dianggap Menyakiti Ibu Pertiwi China


Cheng (48) adalah pembawa acara televisi bisnis untuk televisi pemerintah China ketika dirinya ditahan pada Agustus 2020. Penahanan Cheng terjadi atas tuduhan berbagi rahasia negara dengan negara lain.

Dia diadili di pengadilan tertutup Beijing pada 2022, dengan rincian hukumannya baru dirilis pekan kemarin.

Australia telah berulang kali menyampaikan kekhawatiran mengenai penahanan Cheng, yang terjadi ketika China memperluas blok ekspor Negeri Kanguru di tengah perselisihan diplomatik kedua negara yang berangsur-angsur mereda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)