alexa snippet

Mengintip Guam, Pion Perang AS Target Nuklir Kim Jong-un

Mengintip Guam, Pion Perang AS Target Nuklir Kim Jong-un
Pangkalan Angkatan Laut Apra Harbor AS yang ada di Guam, Pasifik. Foto-foto/ABC News/REUTERS
A+ A-
GUAM - Panik dan takut dirasakan penduduk Guam setelah rezim Kim Jong-un penguasa Korea Utara (AS) dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saling melempar ancaman horor. Tak main-main, ancaman itu adalah serangan rudal nuklir.

Publik Guam merasa sudah jadi pion Washington dalam retorika perang nuklir dengan Pyongyang. Guam dibidik rudal nuklir rezim Kim Jong-un, karena kepulauan di Pasifik itu merupakan pangkalan militer Anderson, AS, rumah pesawat pembom B-1B yang wira-wira menggertak Korut di langit semenanjung Korea.

”Kami akan diledakkan hingga berkeping-keping!” tulis mantan guru di Guam, Eileen Benavente-Blas, di halaman Facebook komunitasnya. Komentar itu menggambarkan kepanikan dan ketakutannya terhadap ancaman serangan rudal nuklir yang secara blakblakan disampaikan militer rezim Kim Jong-un.

“Trump tidak tahu di mana Guam, sebagaiman tweetnya memasang pulau kami ke tangan nuklir Korea Utara.”

Milan Salas, warga Guam lainnya kepada news.com.au, merasa Guam jadi korban Trump dan Kim Jong-un.”Katakan kepada dunia bahwa Guam (kami) adalah pion perang. Sudah jadi jaminan kerusakan dan korban setiap hari dari dua pemimpin busuk, manja, Trump dan Kim,” katanya.

“Kim Jung (Kim Jong-un) ingin membunuh kami dengan ICBM (rudal balistik antarbenua) karena hubungan kami sebagai wilayah AS,” lanjut dia.

”AS Ingin menenggelamkan kehidupan kami dengan keputusasaan dari militerisasi berlebihan yang akan merusak ekosistem kami. Kami adalah umpan keju untuk Korut.”

”Orang Chamorro (pribumi Guam) tidak memiliki suara yang benar dari tiran sehari-hari. Apakah benar ada kebebasan sejati, bahwa saya tidak dapat memilih POTUS (President Of The United States) yang memaksakan hak konstitusionalnya kepada saya dan secara strategis menggunakan rumah saya untuk tujuan militer sebagai target wilayah Asia Pasifik?,” ujar Salas.

”Di mana suara kami dalam semua ini?,” imbuh dia.

60 Nuklir Korut
Mengintip Guam, Pion Perang AS Target Nuklir Kim Jong-un
Kepanikan publik Guam itu dipicu perang kata-kata antara Washington dan Pyongyang, dimana kedua negara saling mengancam akan melakukan serangan mengerikan.

Awalnya, pemimpin Washington penerus Barack Obama ini merespons kuat laporan Badan Intelijen Pertahanan (DIA) Amerika yang menyimpulkan bahwa rezim Kim Jong-un yang berkuasa di Pyongyang sudah berhasil membuat hulu ledak nuklir yang bisa dipasang di rudal balistik antarbenua. Laporan DIA itu juga menyebut bahwa Pyongyang diperkirakan sudah memiliki 60 unit senjata nuklir.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top