Israel Sangkal Bombardir RS Gaza: Roket Jihad Islam yang Menghantam

Rabu, 18 Oktober 2023 - 09:40 WIB
loading...
Israel Sangkal Bombardir RS Gaza: Roket Jihad Islam yang Menghantam
Israel menyangkal membombardir Rumah Sakit Baptis al-Ahli di Gaza, Palestina, yang tewaskan 500 orang. Israel salahkan Jihad Islam Palestina. Foto/REUTERS/Mohammed al-Masri
A A A
GAZA - Serangan udara dahsyat menghantam Rumah Sakit (RS) Baptis al-Ahli di Gaza, Palestina, menyebabkan 500 orang meninggal. Pemerintah Palestina dan sejumlah negara lainnya menyalahkan Israel.

Namun Israel menyangkal bahwa militernya melakukan serangan udara terhadap RS tersebut pada Selasa malam. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyalahkan roket Jihad Islam Palestina (PIJ) yang gagal menyeberang.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 500 orang tewas dan khawatir jumlahnya bisa bertambah karena banyak orang yang terluka.

IDF mengatakan pihaknya sudah melakukan penyelidikan terkait sumber ledakan, dan menyatakan bahwa rumah sakit tersebut adalah bangunan yang sangat sensitif dan bukan target IDF.



“Analisis sistem operasional IDF menunjukkan bahwa rentetan roket ditembakkan oleh teroris di Gaza, dan melintas di dekat rumah sakit al-Ahli di Gaza pada saat serangan itu terjadi,” kata IDF.

“Intelijen dari berbagai sumber yang kami miliki menunjukkan bahwa Jihad Islam bertanggung jawab atas kegagalan peluncuran roket yang menghantam rumah sakit di Gaza," lanjut IDF, seperti dikutip Fox News, Rabu (18/10/2023).

Tak lama setelah serangan tersebut, seorang pejabat senior Hamas mengatakan kepada Fox News: "Setelah serangan biadab tersebut, masih terlalu dini untuk membicarakan hal ini."

Anggota Parlemen Amerika Serikat Rashida Tlaib menuduh Israel melakukan serangan terhadap rumah sakit di Gaza dalam postingan di X.

“Israel baru saja mengebom Rumah Sakit Baptis dan menewaskan 500 warga Palestina (dokter, anak-anak, pasien) begitu saja,” tulis Tlaib.

“[Presiden Joe Biden] inilah yang terjadi ketika Anda menolak untuk memfasilitasi gencatan senjata [dan] membantu meredakan ketegangan. Pendekatan Anda yang hanya bersifat perang dan kehancuran telah membuka mata saya dan banyak orang Amerika keturunan Palestina dan Muslim Amerika menyukai saya. Kami akan mengingat posisi Anda," lanjut dia.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)