Bagaimana Perang Israel-Hamas Menguji Posisi Mesir?

Selasa, 17 Oktober 2023 - 21:50 WIB
loading...
A A A
Hal ini menyebabkan perjanjian perdamaian Mesir-Israel tahun 1979, serta Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin berbagi Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1978.

“Pemerintah Mesir selama beberapa waktu telah menunjukkan bahwa mereka dapat membedakan antara hubungan militernya dengan Israel dan hubungan sosialnya dengan Israel,” kata Sparks. “Mesir selalu mengalaminya perdamaian yang dingin dengan Israel dan Mesir pada umumnya sangat mendukung perjuangan Palestina.”

Salah satu perdebatan sengit adalah pertanyaan apakah Mesir akan membuka penyeberangan Rafah, terutama setelah juru bicara militer Israel menyuruh warga Gaza untuk melarikan diri ke Sinai.

Gaza sedang mengalami krisis kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan hampir setengah dari dua juta penduduknya terdiri dari anak-anak. Kementerian Kesehatan Palestina mengklaim 140 anak tewas akibat serangan udara Israel sejak akhir pekan.

5. Tidak Mau Mengambil Risiko Besar

Bagaimana Perang Israel-Hamas Menguji Posisi Mesir?

Foto/Reuters

Mesir menutup perbatasan menyusul pengumuman tentara Israel pada hari Selasa, yang mendahului pemboman berikutnya di penyeberangan Rafah. Meskipun militer Israel kemudian mencabut pernyataan tersebut, penyeberangan tersebut diperkirakan akan tetap ditutup untuk menjaga keamanan Mesir sendiri, kecuali untuk bantuan kemanusiaan. Israel kemudian mengancam akan menyerang truk bantuan dari Mesir.

“Di bawah rezim Sisi, posisi Mesir selalu menjadi yang utama,” kata Ashour. “Pemerintah bangga dengan cara mereka mempertahankan diri melawan terorisme sejak tahun 2014 dan rezim akan terus memprioritaskan keamanan. Saya tidak berpikir mereka akan mengambil risiko dengan membuka perbatasan Gaza – mungkin mereka akan membuka penyeberangan untuk bantuan kemanusiaan.”

Pihak lain berpendapat bahwa akan menguntungkan bagi Mesir jika perbatasan tetap ditutup dan Hamas berada dalam wilayah yang terkendali di luar kendali langsung Mesir.

“Selama rezim Sisi saat ini, hubungan dengan Hamas tegang karena hubungan bersejarah Hamas dengan Ikhwanul Muslimin,” kata Sparks. “Bagi Presiden Sisi – dan pemimpin mana pun yang mengikuti model penguasa militer pasca-Nasser – masuk akal untuk membendung Hamas di Gaza.”

Sparks menambahkan: “Hal ini juga memungkinkan Sisi untuk meminta Israel memberikan bantuan militer tambahan guna mengamankan wilayah perbatasan, seperti yang kita lihat pada tahun 2018.”

Ada juga pertanyaan mengenai apakah warga Gaza ingin mengungsi ke Sinai. Sejak warga Palestina mengalami pengungsian massal dan perampasan tanah selama ‘Nakba’, atau malapetaka, dalam perang Arab-Israel pada tahun 1948, terdapat tekad yang luas untuk tidak meninggalkan tanah mereka karena takut mereka tidak akan pernah bisa kembali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)