Hormat Ala Hitler, Turis China Dicokok Polisi Jerman

Minggu, 06 Agustus 2017 - 03:20 WIB
Hormat Ala Hitler, Turis China Dicokok Polisi Jerman
Hormat Ala Hitler, Turis China Dicokok Polisi Jerman
A A A
BERLIN - Polisi Jerman menangkap dua orang turis asal China karena membuat penghormatan ilegal "Heil Hitler". Keduanya melakukannya di depan gedung bersejarah Reichstag yang kini menjadi parlemen Jerman.

Petugas polisi Berlin mengatakan bahwa mereka menahan kedua pria tersebut, masing-masing berusia 36 dan 49, setelah mereka terlihat membuat pose era Nazi dan saling memotret dengan telepon genggam mereka.

"Mereka menghadapi tuduhan menggunakan simbol organisasi ilegal", kata polisi dalam sebuah pernyataan, dan dibebaskan setelah memberikan uang jaminan masing-masing 500 euro seperti dikutip dari Reuters, Minggu (6/8/2017).

Jerman memiliki undang-undang yang tegas mengenai ucapan dan simbol kebencian yang terkait dengan Hitler dan Nazi, yang memerintah antara tahun 1933 dan 1945.

Reichstag adalah simbol yang kuat di Jerman. Gedung ini dihancurkan oleh kebakaran hebat pada tahun 1933 oleh seorang pembakar yang dianggap telah dibayar oleh Nazi. Insiden itu kemudian disalahkan kepada kelompok Komunis dan menggunakannya sebagai alasan untuk membatasi kebebasan sipil.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3928 seconds (0.1#10.140)