Trump Segera Kurangi Pasukan AS di Afghanistan

Selasa, 04 Agustus 2020 - 18:51 WIB
loading...
Trump Segera Kurangi Pasukan AS di Afghanistan
Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan segera mengurangi kehadiran militernya di Afghanistan menjadi sekitar 4.000 tentara. Hal itu ditegaskan langsung oleh Presiden AS Donald Trump .

"Kami sebagian besar keluar dari Afghanistan," kata Trump dalam wawancara dengan situs berita AS, Axios.

"Kita akan mengurangi dalam waktu yang sangat singkat menjadi 8.000, maka kita akan turun menjadi 4.000, kita sedang bernegosiasi sekarang," Presiden AS itu menjelaskan, tanpa menentukan waktu yang tepat, tetapi mengatakan bahwa itu akan terjadi "segera" seperti dilansir dari Sputnik, Selasa (4/8/2020).

Ditanya berapa banyak pasukan AS yang akan tetap di Afghanistan pada pemilu di bulan November, Trump mengatakan bahwa itu akan berkisar antara empat hingga lima ribu. (Baca: AS Tutup Lima Pangkalan Militer di Afghanistan )

Pernyataan Trump tersebut dikeluarkan setelah pekan lalu Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa harapan Trump adalah untuk menarik semua pasukan AS yang tersisa dari Afghanistan pada Mei 2021.

Amerika Serikat dan kelompok Taliban menandatangani perjanjian damai di Doha, Qatar, pada tanggal 29 Februari. Perjanjian itu menetapkan penarikan pasukan AS secara bertahap serta dimulainya negosiasi intra-Afghanistan dan pertukaran tahanan. Sebagai tanggapan, Taliban diharapkan untuk mencegah Afghanistan menjadi tempat yang aman bagi para teroris di wilayah tersebut. (Baca: AS-Taliban Teken Kesepakatan Damai, Akhiri Perang 19 Tahun )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)