Mengapa Fatah Tidak Ikut Membantu Hamas? dari Perbedaan Ideologi hingga Rivalitas Gerakan

Senin, 16 Oktober 2023 - 12:50 WIB
loading...
Mengapa Fatah Tidak Ikut Membantu Hamas? dari Perbedaan Ideologi hingga Rivalitas Gerakan
Hamas dan Fatah sulit bersatu karena banyak perbedaan. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Hamas dan Fatah adalah dua partai paling dominan di kancah politik Palestina.

Hamas telah menjadi penguasa de facto di Jalur Gaza sejak 2007, setelah mengalahkan partai Fatah yang lama mendominasi Presiden Mahmoud Abbas dalam pemilihan parlemen.

Berikut adalah 4 alasan kenapa Fatah tidak ikut membantu Hamas.

1. Perbedaan Ideologi

Mengapa Fatah Tidak Ikut Membantu Hamas? dari Perbedaan Ideologi hingga Rivalitas Gerakan

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Fatah merupakan singkatan dari Harakat al-Tahrir al-Filistiniya atau Gerakan Pembebasan Nasional Palestina dalam bahasa Arab. Kata Fatah artinya menaklukkan.

Gerakan sekuler ini didirikan di Kuwait pada akhir tahun 1950-an oleh diaspora warga Palestina setelah Nakba tahun 1948 – pembersihan etnis Palestina oleh gerakan Zionis yang bertujuan untuk menciptakan negara modern Yahudi di Palestina yang bersejarah.

Fatah didirikan oleh beberapa orang, terutama mendiang presiden Otoritas Palestina – Yasser Arafat, pembantu Khalil al-Wazir dan Salah Khalaf, dan Mahmoud Abbas, yang merupakan presiden Otoritas Palestina saat ini.

Gerakan ini didasarkan pada perjuangan bersenjata melawan Israel untuk membebaskan Palestina yang bersejarah.

Sayap militer utama kelompok ini adalah al-Asifah, atau Badai. Pejuang Al-Asifah bermarkas di beberapa negara Arab serta di Tepi Barat dan Gaza.

Perjuangan bersenjata kelompok ini melawan pendudukan Israel dimulai pada tahun 1965. Sebagian besar operasi bersenjatanya dilakukan dari Yordania dan Lebanon.

Di bawah Yasser Arafat, dan setelah Perang Arab-Israel tahun 1967, Fatah menjadi partai dominan di Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang terdiri dari banyak partai politik Palestina. PLO dibentuk pada tahun 1964 dengan tujuan untuk membebaskan Palestina, dan saat ini bertindak sebagai perwakilan rakyat Palestina di PBB.

Setelah diusir dari Yordania dan Lebanon pada tahun 1970an dan 1980an, gerakan ini mengalami perubahan mendasar, memilih untuk bernegosiasi dengan Israel.

“Orang-orang Arab pada dasarnya membantu memaksa Fatah untuk setuju mengambil jalur diplomatik, setelah mereka diusir dari Beirut,” Nashat al-Aqtash, seorang analis politik yang berbasis di Tepi Barat, mengatakan kepada Al Jazeera.

Pada tahun 1990-an, PLO yang dipimpin Fatah secara resmi meninggalkan perlawanan bersenjata dan mendukung Resolusi 242 Dewan Keamanan PBB, yang menyerukan pembangunan negara Palestina di perbatasan tahun 1967 (Tepi Barat, Yerusalem Timur dan Gaza), berdampingan dengan negara Israel.

PLO kemudian menandatangani Perjanjian Oslo, yang mengarah pada pembentukan Otoritas Nasional Palestina, atau Otoritas Palestina, sebuah badan pemerintahan mandiri sementara yang bertujuan untuk mewujudkan Negara Palestina merdeka.

Hamas adalah singkatan dari Harakat al-Muqawamah al-Islamiyya, atau Gerakan Perlawanan Islam. Kata Hamas berarti semangat.

Gerakan Hamas didirikan di Gaza pada tahun 1987 oleh imam Sheikh Ahmed Yasin dan ajudannya Abdul Aziz al-Rantissi tak lama setelah dimulainya Intifada pertama, atau pemberontakan Palestina melawan pendudukan Israel di wilayah Palestina.

Gerakan ini dimulai sebagai cabang dari Ikhwanul Muslimin di Mesir dan membentuk sayap militer, Brigade Izz al-Din al-Qassam, untuk melakukan perjuangan bersenjata melawan Israel dengan tujuan membebaskan Palestina yang bersejarah. Mereka juga memberikan program kesejahteraan sosial kepada warga Palestina yang menjadi korban penjajahan Israel.

Hamas mendefinisikan dirinya sebagai “gerakan pembebasan dan perlawanan nasional Islam Palestina”, dengan menggunakan Islam sebagai kerangka acuannya.

Pada tahun 2017, Hamas mengeluarkan dokumen politik yang secara efektif mengklaim memutuskan hubungan dengan Ikhwanul Muslimin dan mengatakan mereka akan menerima negara Palestina di perbatasan tahun 1967 dengan kembalinya pengungsi Palestina.

Meskipun tindakan tersebut menimbulkan ketakutan di kalangan loyalisnya bahwa mereka telah menyerah terhadap perjuangan Palestina, Hamas menambahkan klausul berikut:

“Hamas menolak segala alternatif terhadap pembebasan penuh dan menyeluruh Palestina, dari sungai hingga laut” namun menganggap pembentukan negara Palestina yang berdaulat di perbatasan tahun 1967 “menjadi formula konsensus nasional”.

Gerakan ini percaya bahwa “pendirian ‘Israel’ sepenuhnya ilegal”. Hal ini membedakannya dari PLO, yang bukan anggotanya.

Hamas memasuki politik Palestina sebagai partai politik pada tahun 2005 ketika terlibat dalam pemilihan lokal, dan menang telak dalam pemilihan parlemen pada tahun 2006, mengalahkan Fatah.

Sejak 2007, Israel telah melancarkan tiga perang melawan Hamas dan Jalur Gaza. Setelah Hamas memenangkan pemilu pada tahun itu, Israel memberlakukan blokade kedap udara.

Warga sipil di Gaza adalah pihak yang paling menderita akibat pertempuran tersebut. Dalam serangan terakhir Israel di Jalur Gaza, lebih dari 2.200 warga Palestina terbunuh, termasuk 500 anak-anak, dalam kurun waktu 50 hari.

2. Perbedaan Tujuan

Mengapa Fatah Tidak Ikut Membantu Hamas? dari Perbedaan Ideologi hingga Rivalitas Gerakan

Foto/Reuters

Dengan dirilisnya dokumen politik Hamas pada tahun 2017, tujuan kedua partai pada dasarnya sama – menciptakan negara Palestina di perbatasan pada tahun 1967.

“Tidak ada gunanya klausul di mana Hamas mengatakan mereka tidak akan menyerah terhadap sejarah Palestina,” kata al-Aqtash, analis politik. “Hamas telah menerima kompromi politik dan mereka tidak dapat menarik kembali hal ini.”

“Semua warga Palestina bermimpi untuk membebaskan Palestina yang bersejarah, namun saat ini, mereka sedang berupaya mencari solusi yang realistis,” tambahnya, menjelaskan bahwa mereka berfokus pada “apa yang dapat mereka capai dibandingkan dengan apa yang ingin mereka capai”.


3. Perbedaan Strategi

Mengapa Fatah Tidak Ikut Membantu Hamas? dari Perbedaan Ideologi hingga Rivalitas Gerakan

Foto/Reuters

Perbedaan terbesar antara kedua gerakan tersebut saat ini adalah sikap mereka terhadap Israel.

Meski Hamas tetap menggunakan perlawanan bersenjata, Fatah meyakini perlunya negosiasi dengan Israel dan sepenuhnya mengesampingkan penggunaan serangan.

Perjanjian Oslo memberi Israel kendali penuh atas perekonomian Palestina serta masalah sipil dan keamanan di lebih dari 60 persen wilayah Tepi Barat.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Otoritas Palestina harus berkoordinasi dengan pendudukan Israel mengenai keamanan dan setiap serangan perlawanan bersenjata yang direncanakan terhadap Israel. Hal ini dipandang sangat kontroversial dan dianggap oleh sebagian orang sebagai tindakan PA berkolaborasi dengan pendudukan Israel.

Pada bulan Maret, protes meletus di Tepi Barat ketika aktivis politik Palestina terkemuka Basil al-Araj dibunuh oleh pasukan Israel di Ramallah, setelah ditangkap oleh personel keamanan PA atas tuduhan merencanakan serangan.

Abbas, presiden Otoritas Palestina, secara teratur dan terbuka mengutuk setiap operasi perlawanan bersenjata yang dilakukan oleh warga Palestina terhadap Israel.

Isu perlawanan bersenjata menimbulkan keraguan apakah perjanjian persatuan yang dicapai minggu ini akan berhasil.

“PA tidak percaya pada legitimasi senjata Hamas. Artinya PA ingin mengakhiri perlawanan di Gaza dan Hamas menolaknya. Dan jika Fatah menerima perlawanan tersebut, Israel akan mengambil tindakan terhadap Otoritas Palestina,” Abdulsattar Qassem, seorang analis politik yang berbasis di Nablus, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Hal ini pasti akan mengarah pada kehancuran potensi pemerintahan persatuan baru.”


4. Perbedaan Strategi Gerakan

Mengapa Fatah Tidak Ikut Membantu Hamas? dari Perbedaan Ideologi hingga Rivalitas Gerakan

Foto/Reuters

Daya tarik Hamas terletak pada ideologinya, dibandingkan dengan Fatah yang mendapat lebih banyak dukungan internasional dan dipandang lebih aman secara finansial.

Dalam hal menggalang dukungan, keduanya menggunakan taktik yang sangat berbeda.

Hamas, seperti Ikhwanul Muslimin, menggunakan aktivisme akar rumput untuk menginformasikan ideologinya kepada masyarakat, di tempat-tempat seperti masjid dan universitas.

Fatah, di sisi lain, tidak lagi melakukan latihan semacam itu, dan lebih mengandalkan penyediaan dukungan finansial untuk mendapatkan pengikut, menurut mereka yang berada di lapangan.

Al-Aqtash mengatakan sekitar setengah dari loyalis Fatah “mendapat keuntungan finansial dari Otoritas Palestina dan mendapatkan imbalan seperti gaji dan jabatan tinggi – bersama dengan keluarga mereka.

“Mata pencaharian mereka terikat dengan keberadaan Otoritas Palestina.”

Banyak yang masih memandang Arafat pimpinan Fatah sebagai pemimpin Palestina. Pada masanya, sebelum penandatanganan Perjanjian Oslo, partai tersebut mendukung perlawanan bersenjata.

“Banyak dari mereka yang mendukung Fatah melakukannya dari sudut pandang emosional – karena slogan dan sejarah gerakan tersebut – tanpa benar-benar memahami apa pandangan gerakan tersebut saat ini,” kata al-Aqtash.

Di sisi lain, Hamas memiliki basis loyalitas yang sangat berbeda, kata aktivis Hazem Abu Helal yang berbasis di Ramallah.

“Hamas memiliki ideologi yang berbeda dan mereka memiliki orang-orang yang bekerja untuk mempromosikan ide-ide mereka, berbeda dengan Fatah yang menggunakan uang untuk mengamankan pengikutnya,” kata Abu Helal kepada Al Jazeera.

“Saat ini kalau ditanya mahasiswa, mayoritas dari mereka yang tidak mengetahui apa ideologi Fatah. Gerakan ini tidak memiliki prinsip yang jelas.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)