Bisakah Invasi Darat Israel ke Gaza Mencapai Tujuannya?

Minggu, 15 Oktober 2023 - 21:21 WIB
loading...
Bisakah Invasi Darat Israel ke Gaza Mencapai Tujuannya?
Invasi darat Israel ke Gaza sangat berisiko. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Para pemimpin Israel telah menyatakan bahwa Hamas akan dimusnahkan dari muka bumi dan Gaza tidak akan pernah kembali seperti semula.

“Setiap anggota Hamas adalah orang mati,” kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu setelah para pejuang kelompok pejuang tersebut membunuh ribuan orang dalam serangan paling bersejarah terhadap Israel.

Tujuan Operasi Pedang Besi nampaknya jauh lebih ambisius dibandingkan apa pun yang direncanakan militer di Gaza sebelumnya. Tapi apakah itu misi militer yang realistis, dan bagaimana para komandannya dapat memenuhinya?

Invasi darat ke Jalur Gaza melibatkan pertempuran perkotaan dari rumah ke rumah dan membawa risiko besar bagi penduduk sipil. Serangan udara telah merenggut ratusan nyawa, dan lebih dari 400.000 orang meninggalkan rumah mereka.



Militer mempunyai tugas tambahan untuk menyelamatkan sedikitnya 150 sandera, yang ditahan di lokasi yang tidak diketahui di seluruh Gaza.

Herzi Halevi, kepala staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF), telah berjanji untuk "membongkar" Hamas, dan memilih pemimpin politiknya di Gaza. Namun apakah ada visi akhir mengenai bagaimana nasib Gaza setelah 16 tahun kekuasaan Hamas?

“Saya kira Israel tidak bisa membubarkan setiap anggota Hamas, karena ini adalah gagasan Islam ekstremis,” kata analis militer Amir Bar Shalom dari Radio Angkatan Darat Israel. “Tetapi Anda dapat melemahkannya sebanyak yang Anda bisa sehingga tidak mempunyai kemampuan operasional.”

Itu mungkin merupakan tujuan yang lebih realistis. Israel telah berperang empat kali dengan Hamas, dan setiap upaya untuk menghentikan serangan roketnya gagal.

Juru bicara Letkol Jonathan Conricus mengatakan pada akhir perang ini, Hamas seharusnya tidak lagi memiliki kapasitas militer untuk "mengancam atau membunuh warga sipil Israel".

Berikut adalah 5 fakta tentang invasi darat Israel ke Gaza.

1. Serangan Darat Penuh Risiko

Bisakah Invasi Darat Israel ke Gaza Mencapai Tujuannya?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)