China Desak Korut Setop Aksi Provokasi

Sabtu, 29 Juli 2017 - 13:20 WIB
China Desak Korut Setop Aksi Provokasi
China Desak Korut Setop Aksi Provokasi
A A A
BEIJING - China mendesak Korea Utara (Korut) untuk mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB. Beijing juga meminta kepada kompatriotnya untuk menghentikan tindakan apapun yang dapat meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang membuat pernyataan tersebut sebagai tanggapan atas laporan bahwa Korut telah menembakkan rudal balistik antar benua Hwasong-14 pada hari Jumat malam.

"Pihak China prihatin dengan situasi saat ini," kata Geng, mencatat bahwa resolusi yang relevan dari Dewan Keamanan PBB memiliki ketentuan eksplisit mengenai peluncuran yang dilakukan oleh DPRK dengan menggunakan teknologi balistik.

Dia mengatakan pihak China menentang peluncuran rudal oleh Korut yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan kehendak masyarakat internasional.

"China berharap agar pihak-pihak terkait dapat bertindak bijaksana, menghindari tindakan yang dapat meningkatkan ketegangan, dan menjaga perdamaian dan stabilitas regional," kata Geng seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (29/7/2017).

Sebelumnya, Korut kembali melakukan uji coba rudal balistik pada Jumat malam dan diduga menghantam perairan Jepang. Rudal Korut yang belum diketahui jenisnya dilaporkan telah ditembakkan dari situs uji coba rudal di Provinsi Jangang utara.

Ini merupakan uji coba rudal ke-14 sepanjang tahun 2017 dan kedua dalam sebulan terakhir yang dilakukan oleh Korut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5767 seconds (0.1#10.140)