Inilah Kekuatan Militer Israel-AS Jika Berkoalisi, Berani Lawan?

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 14:03 WIB
loading...
Inilah Kekuatan Militer Israel-AS Jika Berkoalisi, Berani Lawan?
Koalisi militer Israel dan AS tidak akan mampu melemahkan semangat pejuang Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Kekuatan militer Israel -AS jika berkoalisi menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Tak hanya tentaranya yang akan berlipat, kekuatan tempurnya juga bakal didukung berbagai persenjataan mumpuni.

Israel tengah berada dalam puncak ketegangan bersama Hamas. Hal ini menjadi efek domino pasca serangan Hamas dengan tajuk ‘Operasi Badai Al-Aqsa’ beberapa waktu lalu.

Konflik antara Hamas dan Israel turut membuat negara-negara lain menyampaikan dukungan ke masing-masing pihak. Di sisi Israel, mereka mendapat dukungan dari sekutu dekatnya, yakni Amerika Serikat.



Sekadar informasi, Amerika Serikat dan Israel memang telah dikenal memiliki hubungan erat sepanjang waktu. Terkait konflik Israel-Hamas, Washington DC juga telah memastikan pihaknya akan membantu Tel Aviv.

Melihat kekuatan militer Amerika Serikat dan Israel, bagaimana jika kekuatan mereka bergabung menjadi satu?

Kekuatan Militer Israel-AS Jika Bergabung


Bicara kekuatan militer dunia, tak bisa dipungkiri bahwa Amerika Serikat berada di jajaran teratas. Hal ini sejatinya tidak mengherankan mengingat status AS yang memang menjadi salah satu negara adidaya.

Global Fire Power (GFP) bahkan menempatkan Amerika Serikat pada posisi pertama pemeringkatan militer dunia tahun 2023. Dengan skor index 0,0712, Negeri Paman Sam bahkan berhasil mengungguli sejumlah rivalnya, termasuk Rusia.

Sementara itu, Israel sendiri juga memiliki posisi yang relatif bagus. Mereka berada di urutan ke-18 dari 145 negara lain yang mendapat pemeringkatan GFP.

1. Jumlah Tentara

Beralih ke jumlah tentaranya, Amerika Serikat diperkirakan memiliki 1,39 juta personel aktif dan 442 ribu personel cadangan. Sedangkan Israel punya 173 ribu tentara aktif serta 465 ribu tentara cadangan. Jika digabung, jumlahnya adalah 1,56 juta personel aktif dan 907 ribu tentara cadangan.


2. Persenjataan

Pada persenjataan Angkatan Darat, kedua negara total akan menghimpun kekuatan 7.700 tank dan 359.845 kendaraan lapis baja. Kemudian, ada juga ribuan artileri serta 2.000 lebih proyektor roket seluler.

Menyeberang ke matra laut, koalisi ini bakal memiliki 11 kapal induk, 73 kapal selam, 92 kapal penghancur, 29 korvet, 55 kapal patroli, hingga 8 kapal penebar ranjau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)