Intip Perbandingan Kekuatan Militer Hamas vs Israel, Mana Lebih Kuat?

Kamis, 12 Oktober 2023 - 12:45 WIB
loading...
Intip Perbandingan Kekuatan Militer Hamas vs Israel, Mana Lebih Kuat?
Para pejuang Hamas mengikuti parade di Jalur Gaza. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Perbandingan kekuatan militer Hamas dan Israel menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Baru-baru ini, kondisi kedua kubu semakin memanas dan saling balas membalas serangan.

Melihat ke belakang, Hamas telah menjadi musuh alami bagi Israel yang terus berusaha mengambil kendali di Palestina. Sepanjang riwayatnya, keduanya telah berulang kali berperang dan saling bertukar serangan.

Terbaru, Hamas melancarkan sebuah serangan bertajuk Operasi Badai Al-Aqsa. Selama rentetan serangan yang berlangsung, telah banyak korban jiwa di kedua pihak yang berjatuhan.

Perbandingan Kekuatan Militer Hamas dan Israel


Meski bukan berstatus sebuah negara, Hamas memiliki kekuatan militer yang cukup mumpuni. Terbukti, beberapa kali mereka bisa setidaknya mengimbangi atau bahkan mengejutkan pasukan Israel dalam pertempuran.

Lebih jauh sejauh apakah perbandingan militer Hamas dengan Israel ini?

1. Militer Hamas


Sekadar informasi, Hamas ini bukanlah tentara resmi Palestina. Mereka adalah sebuah organisasi yang dulunya dibentuk sebagai gerakan perlawanan atas pendudukan Israel terhadap Palestina.

Meski bukan militer resmi negara, status Hamas jelas tetap mendukung keberadaan Palestina. Sejak pendiriannya, para tokoh penting dan serdadunya telah banyak terlibat perjuangan melawan Israel.

Ada banyak misteri seputar Hamas yang masih belum diketahui secara pasti. Salah satunya adalah terkait kekuatan militernya yang dirasa cukup mumpuni.

Mengutip Times of Israel, Kamis (12/10/2023), intelijen militer Israel memperkirakan jumlah pasukan mencapai 30.000 orang di tahun 2021. Angka tersebut kemungkinan telah mengalami kenaikan hingga 2023 ini.

Beralih ke persenjataan, Hamas diperkirakan memiliki ribuan roket serta ratusan rudal yang terdiri atas rudal anti-tank hingga rudal anti-pesawat. Tak hanya itu, mereka masih memiliki lusinan kendaraan udara tak berawak serta sejumlah persenjataan canggih lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0886 seconds (0.1#10.140)