Menlu AS Blinken Kunjungi Israel, Dukung Penuh Rezim Zionis Lawan Hamas

Kamis, 12 Oktober 2023 - 10:25 WIB
loading...
Menlu AS Blinken Kunjungi Israel, Dukung Penuh Rezim Zionis Lawan Hamas
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara kepada wartawan sebelum menaiki pesawat pada Rabu, 11 Oktober 2023, di Pangkalan Angkatan Udara Andrews dalam perjalanan ke Israel. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengunjungi Israel dan Yordania pada 11-13 Oktober untuk menunjukkan dukungan terhadap negara Yahudi tersebut di tengah perang melawan Hamas.

Menlu AS diperkirakan tiba di Israel pada Kamis (12/10/2023). “Di kedua negara, diplomat tinggi AS akan bertemu para pejabat senior untuk membahas langkah-langkah meningkatkan keamanan Israel dan menggarisbawahi dukungan AS yang teguh terhadap hak Israel untuk mempertahankan diri,” papar pernyataan Departemen Luar Negeri AS.

Blinken mengatakan kepada wartawan sebelum menaiki pesawat pada Rabu bahwa dia berencana bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Presiden Isaac Herzog, dan pejabat senior lainnya. Dia juga akan bertemu tim kedutaan AS di negara tersebut.

Blinken akan menindaklanjuti diskusi yang dia dan Presiden AS Joe Biden lakukan dengan rekan-rekan Israel sejak peluncuran serangan Hamas terhadap Israel.

“Ini akan menjadi pesan solidaritas dan dukungan,” ujar juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller dalam pengarahan Selasa (10/10/2023).

Dia menjelaskan, “Kami berada di sana untuk mendukung mereka saat mereka berjuang melawan serangan teroris brutal ini, untuk membicarakan bantuan tambahan apa yang bisa kami berikan kepada mereka.”

“Menlu AS juga akan menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan kembali belasungkawanya kepada para korban serangan terhadap Israel dan mengutuk mereka sekeras-kerasnya,” ungkap Departemen Luar Negeri AS.



“Kami akan mengulangi, menegaskan kembali pesan yang sangat kuat yang disampaikan Presiden Biden kepada negara atau pihak mana pun yang mungkin mencoba mengambil keuntungan dari situasi ini, dan pesan itu adalah ‘Jangan’,” papar Blinken.

Kunjungan ini juga akan fokus pada permasalahan warga Amerika yang hilang sejak awal serangan Hamas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)