Ini 7 Partai Palestina, Salah Satunya Sukses Obrak-abrik Israel dengan Serangan Spektakuler

Kamis, 12 Oktober 2023 - 00:05 WIB
loading...
Ini 7 Partai Palestina, Salah Satunya Sukses Obrak-abrik Israel dengan Serangan Spektakuler
Adaa 7 partai politik terbesar di Palestina, salah satunya Hamas yang serang Israel besar-besaran. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Hamas yang sedang perang besar dengan Israel sekarang ini merupakan partai politik Palestina yang berkuasa di Jalur Gaza.

Dengan meluncurkan serangan spektakuler, yang diberi nama Operasi Badai al-Aqsa, Hamas sukses mengobrak-abrik wilayah-wilayah Israel. Dimulai dengan tembakan ribuan roket dalam hitungan menit, ribuan milisi mereka dengan cepat menjebol pertahanan Zionis, memasuki kota-kota Israel selatan, mengumbar tembakan, dan menculik ratusan orang.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) padaRabu (11/10/2023) mengonfirmasi bahwa 1.200 orang Israel tewas akibat serangan Hamas tersebut. Itu menjadi serangan terbesar dalam sejarah Israel, bahkan para pejabat milliter Zionis membandingkannya dengan serangan 9/11 di Amerika Serikat.



Meski terkenal karena berani melawan Israel, Hamas bukan satu-satunya partai politik di Palestina. Ada puluhan partai politik di negara yang diduduki Israel tersebut, namun hanya tujuh yang memiliki kursi di Parlemen.

7 Partai Besar di Palestina

1. Hamas

Gerakan Perlawanan Islam atau Harakat al-Muqawamah al-Islamiyyah (Hamas)
Tahun Pendirian: 1987
Pemimpin: Ismail Haniyeh
Haluan: Sinkretis

Partai ini memiliki sayap militer bernama Brigade Izz ad-Din al-Qassam, kelompok yang meluncurkan Operasi Badai al-Aqsa terhadap Israel. Operasi tersebut menjadi awal dari perang besar yang terjadi sekarang.

Hamas memiliki beberapa sekutu faksi di Gaza, salah satunya Jihad Islam Palestina (PIJ) yang memiliki sayap militer bernama Brigade al-Quds.

Hamas dibenci Israel dan beberapa negara Barat, dan dilabeli sebagai organisasi teroris. Namun bagi rakyat Palestina di Gaza, Hamas merupakan pejuang yang dielu-elukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)