AS akan Tes Sistem Rudal THAAD Pencegat Rudal Korut

Senin, 24 Juli 2017 - 12:45 WIB
AS akan Tes Sistem Rudal THAAD Pencegat Rudal Korut
AS akan Tes Sistem Rudal THAAD Pencegat Rudal Korut
A A A
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) berencana menguji coba sistem rudal pertahanan THAAD yang disiapkan untuk mencegat setiap rudal Korea Utara (Korut). Tes senjata canggih itu akan dilakukan di Kompleks Spaceport Pasifik-Alaska, pekan depan.

Persiapan uji coba sistem rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) disampaikan Coast Guard atau Pasukan Penjaga Pantai.

Pada awal bulan ini, Badan Pertahanan Rudal (MDA) AS telah berhasil menguji sistem rudal THAAD dari Kodiak Island. Senjata itu telah dipasang Washington di Seoul untuk melindungi sekutunya, Korea Selatan (Korsel) dari ancaman serangan rudal Korut.

“MDA, dalam sebuah uji coba menyatakan bahwa kemampuan THAAD yang divalidasi untuk mencegat rudal balistik jarak menengah, berhasil melakukan peluncuran langsung di Kodiak Island awal bulan ini,” kata Direktur Urusan Publik MDA, Chris Johnson, yang dikutip ABCNews, Senin (24/7/2017).

“Tes sebelumnya melihat peluncuran dua pencegat dari dua peluncur secara bersamaan,” lanjut Johnson. ”Rudal pertama melibatkan target. Pencegat kedua diluncurkan untuk menguji prosedur operasional.”

Menurut pejabat MDA lainnya, uji kemampuan THAAD penting setelah Korut mengklaim berhasil menguji tembak rudal Hwasong-14 di atmosfer bumi pada bulan lalu. Hwasong-14 dikategorikan sebagai rudal balistik jarak menengah.

Sistem rudal pertahanan AS tersebut menawarkan teknologi radar mutakhir yang dianggap sebagai ancaman bagi wilayah Rusia dan China. Kedua negara itu telah berulang kali menentang penyebaran sistem rudal THAAD di Seoul.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5782 seconds (0.1#10.140)