Presiden Erdogan: AS Ingin Melakukan Pembantaian Serius di Gaza

Rabu, 11 Oktober 2023 - 00:52 WIB
loading...
Presiden Erdogan: AS Ingin Melakukan Pembantaian Serius di Gaza
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuding ingin ikut campur dalam perang di Gaza. Foto/.Reuters
A A A
GAZA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkritik Amerika Serikat (AS) karena memindahkan kelompok kapal induk lebih dekat ke Israel. Dia mengatakan bahwa mereka akan melakukan “pembantaian serius” di Gaza.

Menyusul serangan mendadak yang dilakukan militan Hamas terhadap Israel pada hari Sabtu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan pada Minggu bahwa AS akan memindahkan kelompok penyerang kapal induk, termasuk USS Gerald R. Ford, lebih dekat ke Israel.

“Apa yang akan dilakukan kapal induk AS di dekat Israel, mengapa mereka datang? Apa yang akan dilakukan kapal dan pesawat di dalamnya? Mereka akan menyerang Gaza dan sekitarnya, dan mengambil langkah-langkah untuk melakukan pembantaian serius di sana,” kata Erdogan dalam konferensi pers bersama dengan Kanselir Austria Karl Nehammer di Ankara.

Erdogan sebelumnya mengatakan bahwa Turki siap menjadi penengah antara pasukan Israel dan Palestina untuk memastikan ketenangan.

Konflik ini terjadi ketika Turki, yang pada masa lalu mendukung Palestina, menjadi tuan rumah bagi anggota Hamas, dan mendukung solusi dua negara terhadap konflik tersebut, berupaya memperbaiki hubungan dengan Israel setelah bertahun-tahun bermusuhan.

Sebelumnya, AS telah menawarkan bantuan penyelamatan sandera kepada Israel, namun hal ini tidak berarti menempatkan pasukan Amerika di lapangan.



Menteri Pertahanan Lloyd Austin menyampaikan tawaran tersebut saat melakukan panggilan telepon dengan timpalannya dari Israel setelah serangan Hamas terhadap warga Israel dan sasaran militer pada akhir pekan.

"Austin mengarahkan tim Komando Operasi Khusus Gabungan (JSOC) untuk condong ke depan dengan dukungan perencanaan dan intelijen kepada tentara Israel," kata seorang pejabat Pentagon pada hari Selasa, melansir Al Arabiya.

Pejabat dari Komando Pusat AS (CENTCOM), Komando Operasi Khusus Angkatan Darat AS (SOCOM) dan JSOC saat ini menawarkan dukungan kepada Israel dalam perencanaan penyelamatan sandera.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0889 seconds (0.1#10.140)