10 Negara yang Berusaha Memediasi Perang Hamas - Israel, Nomor 2 Paling Netral

Rabu, 11 Oktober 2023 - 03:35 WIB
loading...
10 Negara yang Berusaha Memediasi Perang Hamas - Israel, Nomor 2 Paling Netral
Banyak negara yang ingin memediasi konflik Israel melawan Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Dengan pecahnya perang yang semakin intensif antara Israel dan Palestina , dapatkah upaya mediasi membantu?

Sekretaris Jenderal PBB mengatakan dia “sangat tertekan” dengan pengepungan total Israel di Jalur Gaza pada hari keempat serangan mematikan tersebut.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pemboman “baru saja dimulai” setelah setidaknya 900 warga Israel tewas dalam serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya pada hari Sabtu.

Sebagian besar negara-negara Barat enggan menyerukan Israel untuk memperlambat respons militer brutalnya.

Lebih dari 700 warga Palestina tewas dalam pemboman hebat selama tiga hari, dan 2,4 juta warga Palestina yang tinggal di sana tidak punya tempat tujuan di tengah blokade darat, laut, dan udara Israel.

Bisakah komunitas internasional melakukan intervensi untuk menghentikan Israel menerapkan hukuman kolektif terhadap warga Palestina di Gaza?

“Saya pikir masih terlalu dini untuk membicarakan mediasi, karena [saat ini] Israel bereaksi berdasarkan kemarahan dan balas dendam,” Profesor Mahjoob Zweiri, direktur Pusat Studi Teluk di Universitas Qatar, mengatakan kepada Al Jazeera.

Berikut ini adalah tinjauan lebih dekat terhadap negara-negara dan organisasi internasional yang mungkin berperan sebagai pembawa perdamaian.

1. Liga Arab

10 Negara yang Berusaha Memediasi Perang Hamas - Israel, Nomor 2 Paling Netral

Foto/Reuters

Para menteri luar negeri Liga Arab akan bertemu pada hari Rabu dalam pertemuan puncak darurat.

Sesi luar biasa tersebut diminta oleh delegasi Palestina, kata pernyataan Liga tersebut.

Sekretaris Jenderal Hossam Zaki mengatakan para menteri akan membahas upaya Arab untuk “menghentikan agresi Israel” di Gaza.

Zweiri mengatakan Liga Arab tidak punya peran apa pun. “Ini merupakan cerminan dari pemerintahan Arab yang terfragmentasi. Ia tidak memiliki alat.”

2. China

10 Negara yang Berusaha Memediasi Perang Hamas - Israel, Nomor 2 Paling Netral

Foto/Reuters

Beijing menyatakan keprihatinan mendalam atas eskalasi konflik dan menyerukan “tenang”.

Para pengamat bertanya-tanya apakah China akan mencoba mempromosikan dirinya sebagai pembawa perdamaian regional setelah negara itu berhasil menjadi perantara pemulihan hubungan antara Iran dan Arab Saudi.

Pada bulan April, menteri luar negeri Israel saat itu, Qin Gang, mengatakan kepada para menteri luar negeri Israel dan Palestina bahwa China siap memfasilitasi upaya menuju perundingan perdamaian.

China mendukung solusi dua negara terhadap konflik Israel-Palestina, berdasarkan perbatasan sebelum tahun 1967 dan dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara Palestina yang berdaulat. Mereka juga mengadvokasi bantuan pembangunan internasional untuk Palestina.

3. Mesir

Kairo telah bertindak sebagai mediator antara Israel dan kelompok Palestina dalam konflik sebelumnya, namun Zweiri mengatakan pihaknya akan berusaha menjauhkan diri dari meningkatnya situasi di Gaza.

“Mereka [Mesir] ingin menjauhkan diri dari apa yang terjadi karena… Mesir akan mengadakan pemilu,” katanya.

4. Eropa

Para pemimpin banyak negara Eropa termasuk Perancis dan Jerman mengutuk serangan Hamas dan menunjukkan solidaritas dengan Israel.

Para menteri luar negeri Uni Eropa dijadwalkan mengadakan pertemuan luar biasa pada Selasa sore untuk membahas perang tersebut.

Tanggapan awal UE terhadap konflik ini adalah dengan mengumumkan penghentian segera bantuan pembangunan untuk Palestina. Kemudian mereka mengatakan akan meninjau bantuan tersebut, bukan menangguhkannya.

Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albarez mengatakan tindakan seperti itu tidak dapat diterima dan kerja sama harus dilanjutkan.

“Kita tidak bisa menyamakan Hamas, yang masuk dalam daftar kelompok teroris Uni Eropa, dengan penduduk Palestina, Otoritas Palestina, atau organisasi-organisasi PBB yang hadir di lapangan,” katanya kepada stasiun radio Spanyol Cadena SER pada Selasa pagi.

5. Iran

10 Negara yang Berusaha Memediasi Perang Hamas - Israel, Nomor 2 Paling Netral

Foto/Reuters

Kemungkinan peran Iran dalam mediasi masih belum jelas.

Pemimpin Tertingginya Ali Hosseini Khamenei mengatakan pada hari Selasa: “Kami tentu saja membela warga Palestina. Kita cium kening dan lengan para pejuang dan pemuda pemberani Palestina, iya betul.

“Tetapi mereka yang mengatakan orang-orang non-Palestina berada di balik tindakan ini… mereka tidak mengenal orang-orang Palestina dengan baik. Mereka telah meremehkan bangsa Palestina. Itu adalah kesalahan mereka.”

6. Qatar

10 Negara yang Berusaha Memediasi Perang Hamas - Israel, Nomor 2 Paling Netral

Foto/Reuters

Negara Teluk ini dikenal karena upaya mediasinya dalam konflik Palestina-Israel dan bantuan berkelanjutannya ke Gaza, yang telah disepakati.

“Prioritas kami adalah mengakhiri pertumpahan darah, membebaskan para tahanan dan memastikan konflik dapat diatasi tanpa adanya dampak regional,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Majed al-Ansari kepada Reuters.

Namun, seorang pejabat Israel mengatakan kepada Reuters: “Tidak ada negosiasi yang sedang berlangsung.”

7. Rusia

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan pembentukan negara Palestina adalah solusi “paling dapat diandalkan” untuk perdamaian di Israel dan pertempuran saja tidak akan menjamin keamanan.

8. Turki

Presiden Recep Tayyip Erdogan meminta pejuang Hamas dan angkatan bersenjata Israel untuk menghentikan kekerasan dan menawarkan untuk menjadi penengah.

Jika perundingan perdamaian ingin dimulai, Zweiri yakin Turki dan Qatar akan berperan aktif.

“Saya berasumsi demikian karena mereka berdua mempunyai komunikasi dengan Hamas dan Israel, dan kita harus melihat siapa yang mampu berbicara dengan kedua belah pihak.”

9. PBB

10 Negara yang Berusaha Memediasi Perang Hamas - Israel, Nomor 2 Paling Netral

Foto/Reuters

Sebagai bagian dari upaya mediasi sebelumnya, beberapa minggu sebelum serangan hari Sabtu, PBB terlibat dalam diplomasi untuk mencoba mencegah konfrontasi bersenjata baru antara Israel dan Hamas.

Utusan perdamaian Timur Tengah PBB Tor Wennesland bertemu dengan para pejabat Hamas di Gaza dan menulis di X: “PBB sedang berbicara dan bekerja dengan semua pihak untuk meningkatkan kehidupan masyarakat di Gaza, khususnya mereka yang paling rentan.”

10. Amerika Serikat

10 Negara yang Berusaha Memediasi Perang Hamas - Israel, Nomor 2 Paling Netral

Foto/Reuters

Sekutu terdekat Israel telah menjanjikan dukungan yang “kokoh dan tak tergoyahkan” kepada Israel dan mengatakan akan mengirimkan amunisi saat negara itu memindahkan kapal dan pesawat militernya lebih dekat ke Israel.

Koresponden senior Al Jazeera John Hendren, yang melaporkan dari Washington, DC, mengatakan pembicaraan mengenai diplomasi dan solusi dua negara masih tertunda untuk saat ini.

Washington mengatakan pihaknya menginginkan negara Palestina di masa depan, namun gagal meyakinkan Israel, yang menerima bantuan militer tahunan senilai $3 miliar, untuk menghormati perjanjian yang ditandatangani dengan Palestina.

Perluasan pemukiman di tanah Palestina dan kekerasan terhadap pemukim telah meningkat, terutama di bawah pemerintahan sayap kanan ekstrim yang dipimpin oleh Netanyahu.

Zweiri mengatakan reaksi AS sangat mengejutkan. “Mereka [AS] pada dasarnya mengizinkan Israel melakukan apa yang mereka inginkan di Gaza.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)