Serangan Kilat Spektakuler Hamas ke Israel Bikin Citra Mossad Runtuh Seketika

Selasa, 10 Oktober 2023 - 09:17 WIB
loading...
A A A
Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana Hamas berhasil menimbun ribuan roket dan rudal begitu dekat dengan wilayahnya tanpa terdeteksi oleh intelijen Israel atau mengapa sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel yang selalu andal tidak mampu mencegat semua proyektil yang masuk dari Gaza.

Meskipun terdapat langkah-langkah keamanan berteknologi tinggi di sepanjang perbatasan Gaza-Israel, termasuk kamera, sensor gerak tanah, dan patroli tentara rutin, serangan infiltrasi Hamas baru-baru ini berhasil.

Video yang muncul di media sosial menunjukkan buldoser merobohkan sebagian "dinding besi" yang tampaknya tidak dapat ditembus yang menandai perbatasan Israel-Gaza.

Pejuang Hamas berhasil menyusup melalui pagar, membuat lubang di kawat, dan tiba melalui laut dengan perahu dan paralayang.

Skala serangan, kompleksitas pelaksanaannya, serta diperlukan koordinasi dan perencanaan selama berbulan-bulan menimbulkan pertanyaan serius tentang bagaimana dan mengapa badan intelijen Israel yang nyaris sempurna gagal mendeteksi serangan tersebut.

Beberapa orang menyamakannya dengan serangan 9/11 di New York yang menimbulkan dampak tidak hanya melalui CIA tetapi juga jaringan intelijen global secara umum.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)