Kapal Selam Tipe 096 yang Dikembangkan China Jadi Mimpi Buruk bagi AS, Mengapa?

Selasa, 10 Oktober 2023 - 04:59 WIB
loading...
A A A
Baik Kementerian Pertahanan Rusia maupun China tidak menanggapi permintaan komentar Reuters.

Kapal tersebut kemungkinan besar jauh lebih besar daripada Tipe 094, sehingga memungkinkan kapal tersebut memuat "rakit" internal yang dipasang pada penyangga karet kompleks untuk meredam kebisingan mesin dan suara lainnya, mirip dengan desain Rusia.

Carlson mengatakan kepada Reuters bahwa dia tidak percaya China telah memperoleh “permata mahkota” Rusia – teknologi terbarunya – namun akan memproduksi kapal selam yang cukup siluman untuk dibandingkan dengan kapal Akula yang ditingkatkan milik Moskow.

“Kami kesulitan menemukan dan melacak Akula yang Ditingkatkan sebagaimana adanya,” kata Carlson.

5. Handal dalam Teknologi Peredaman dan Tenaga Penggerak

Kapal Selam Tipe 096 yang Dikembangkan China Jadi Mimpi Buruk bagi AS, Mengapa?

Foto/Reuters

Pakar pertahanan yang berbasis di Singapura, Collin Koh, mengatakan penelitian ini membuka peluang bagi proyek penelitian rahasia untuk meningkatkan SSBN China serta meningkatkan kemampuan perang anti-kapal selam China.

“Mereka tahu bahwa mereka berada di belakang kurva sehingga mereka berusaha mengejar ketertinggalan dalam hal peredaman dan tenaga penggerak,” kata Koh, dari S. Rajaratnam School of International Studies di Singapura.

Carlson mengatakan dia yakin para ahli strategi Tiongkok, seperti Rusia, akan mempertahankan SSBN di dalam “benteng” pelindung di dekat pantainya, dengan memanfaatkan wilayah yang baru-baru ini dibentengi di Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Prospek SSBN yang canggih akan secara signifikan mempersulit upaya pengawasan bawah permukaan yang sudah intens.

Mirip dengan upaya era Perang Dingin untuk memburu “boomer” Soviet, pelacakan kapal selam Tiongkok semakin menjadi upaya internasional, dengan militer Jepang dan India membantu Amerika Serikat, Australia, dan Inggris, kata para analis dan atase militer.

Jumlah ini semakin meningkat, begitu pula dengan penyebaran pesawat sub-hunting P-8 Poseidon di sekitar Asia Tenggara dan Samudera Hindia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)