Mengenal Hamas dan Sejarah Berdirinya, Organisasi Politik dan Militer Palestina

Senin, 09 Oktober 2023 - 22:01 WIB
loading...
Mengenal Hamas dan Sejarah Berdirinya, Organisasi Politik dan Militer Palestina
Pejuang Hamas memamerkan persenjataan roket dalam pawai. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Baru-baru ini, Hamas meluncurkan sejumlah serangan roket hebat ke wilayah Israel. Serangan besar-besaran tersebut diberi nama Operasi Badai al-Aqsa dan telah menewaskan lebih dari 700 orang di Israel, serta 100 orang lainnya diculik.

Akibat serangan tersebut banyak di antara militer dunia yang heran atas kekuatan dan kemampuan dari Hamas itu.

Lantas, siapa itu Hamas dan kapan berdiri menjadi organisasi militer besar? Berikut ulasannya.

Mengenal Hamas dan Sejarah Berdirinya


Hamas atau Harakat al-Muqawamah al-Islamiyyah adalah sebuah organisasi politik dan militer yang berbasis di Jalur Gaza dan Tepi Barat, yang merupakan wilayah Palestina yang diduduki oleh Israel. Organisasi ini dibentuk untuk menegakkan kedaulatan negara Palestina.

Dikutip dari laman Dni.gov, organisasi ini didirikan pada tahun 1987 sebagai cabang dari Ikhwanul Muslimin, sebuah gerakan Islam yang berpusat di Mesir.

Hamas muncul sebagai salah satu kelompok yang memimpin Intifada Pertama, yaitu pemberontakan rakyat Palestina melawan pendudukan Israel.

Dalam sejarahnya, Hamas pernah menolak upaya pendekatan sekuler yang dilakukan oleh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang menginginkan solusi dua negara dengan Israel.

Hamas menganggap Palestina adalah tanah air Islam yang tidak boleh diserahkan kepada non-Muslim.

Hamas sendiri mulai terlibat dalam kontestasi politik Palestina sejak tahun 1996, ketika mereka ikut serta dalam pemilihan umum untuk Dewan Legislatif Palestina.

Pada tahun 2006, Hamas berhasil memenangkan mayoritas kursi dalam pemilu tersebut, mengalahkan Fatah, partai utama dalam PLO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)