Operasi Badai Al-Aqsa Ganggu Normalisasi Hubungan Negara Arab dengan Israel

Minggu, 08 Oktober 2023 - 19:01 WIB
loading...
A A A
Kemudian, seorang pejabat senior di pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada wartawan bahwa “sangat dini untuk berspekulasi” mengenai dampak konflik Israel-Hamas terhadap upaya normalisasi Saudi-Israel.

“Saya yakin Hamas, kelompok teroris seperti Hamas, tidak akan menggagalkan hasil seperti itu. Namun proses tersebut masih harus berjalan,” tambah pejabat tersebut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya.

Netanyahu sebelumnya mengatakan Palestina tidak boleh memveto perjanjian perdamaian baru Israel dengan negara-negara Arab.

Sumber regional yang akrab dengan hubungan Saudi-Israel-AS. Negosiasi mengenai normalisasi dan pakta pertahanan kerajaan mengatakan Israel melakukan kesalahan dengan menolak memberikan konsesi kepada Palestina.

Dalam tanggapannya terhadap serangan hari Sabtu, Arab Saudi menyerukan “penghentian segera kekerasan” antara kedua belah pihak.

Sementara itu, Iran tidak merahasiakan dukungannya terhadap Hamas, mendanai dan mempersenjatai kelompok tersebut serta organisasi militan Palestina lainnya, Jihad Islam. Teheran menyebut serangan hari Sabtu itu sebagai tindakan membela diri warga Palestina.

Yahya Rahim Safavi, penasihat Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan Teheran akan mendukung para pejuang Palestina "sampai pembebasan Palestina dan Yerusalem."

Seorang pejabat Palestina, yang dekat dengan kelompok militan Islam, mengatakan setelah serangan Hamas dimulai dengan rentetan besar roket yang ditembakkan dari Gaza: "Iran punya andil, bukan hanya satu tangan, dalam setiap roket yang ditembakkan ke Israel."

“Ini tidak berarti bahwa mereka memerintahkan serangan (Sabtu) tetapi bukan rahasia lagi bahwa ini berkat Iran, (bahwa) Hamas dan Jihad Islam mampu meningkatkan persenjataan mereka,” kata pejabat itu, berbicara dengan syarat anonimitas.

Dukungan Iran terhadap kelompok-kelompok Palestina adalah bagian dari jaringan milisi dan kelompok bersenjata yang lebih luas yang didukungnya di Timur Tengah, sehingga memberikan Teheran kehadiran yang kuat di Lebanon, Suriah, Irak dan Yaman, serta Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)