Operasi Badai Al-Aqsa Ganggu Normalisasi Hubungan Negara Arab dengan Israel

Minggu, 08 Oktober 2023 - 19:01 WIB
loading...
Operasi Badai Al-Aqsa Ganggu Normalisasi Hubungan Negara Arab dengan Israel
Operasi Badai Al-Aqsa yang dilancarkan Hamas akan mengganggu normalisasi hubungan negara Arab dengan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Ketika pejuang Hamas melancarkan serangan spektakuler terhadap Israel. Hamasjuga membidik upaya untuk membentuk keberpihakan keamanan regional baru yang dapat mengancam aspirasi Palestina untuk menjadi negara dan berupaya mengganggu normalisasi hubungan negara Arab dengan Israel.

Serangan pada hari Sabtu, yang merupakan serangan terbesar ke Israel dalam beberapa dekade, bertepatan dengan langkah yang didukung AS untuk mendorong Arab Saudi menuju normalisasi hubungan dengan Israel sebagai imbalan atas kesepakatan pertahanan antara Washington dan Riyadh, sebuah langkah yang akan mengerem pemulihan hubungan kerajaan baru-baru ini dengan Israel.

Tamer Qarmout, kepala program Administrasi Publik di Institut Studi Pascasarjana Doha, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa serangan Hamas dimaksudkan untuk mengirim pesan kepada negara-negara Arab yang menormalisasi hubungan dengan Israel. "Normalisasi tidak akan membawa keamanan apa pun ke Israel jika Israel tidak bisa melakukan hal tersebut. melindungi dirinya sendiri," katanya.

Qarmout menambahkan bahwa Hamas sedang meletakkan dasar pendekatan perlawanan baru pasca Kesepakatan Oslo. Dia juga mengomentari kondisi menyedihkan yang dihadapi warga Palestina di Jalur Gaza yang terkepung

“Netanyahu kemarin mengatakan bahwa dia ingin mengubah Gaza menjadi pulau terpencil, namun dengan cara yang sinis, Gaza telah menjadi pulau terpencil selama 20 tahun terakhir.”

Senada dengan Qarmout, Dennis Ross, mantan perunding Timur Tengah yang sekarang bekerja di Washington Institute for Near East Policy di Washington, mengatakan tentang serangan hari Sabtu itu: "Ini semua tentang mencegah terobosan AS-Saudi-Israel."

Para pejabat Palestina dan sumber regional mengatakan orang-orang bersenjata yang menyerbu kota-kota Israel, membunuh 350 warga Israel dan menyandera, juga menyampaikan pesan bahwa orang-orang Palestina tidak dapat diabaikan jika Israel menginginkan keamanan dan bahwa setiap kesepakatan Saudi akan menggagalkan perdamaian dengan Iran.



“Semua perjanjian normalisasi yang Anda (negara-negara Arab) tandatangani dengan (Israel) tidak akan mengakhiri konflik ini,” kata Ismail Haniyeh, pemimpin Hamas yang menguasai Gaza, di televisi Al Jazeera.

Sebuah sumber regional yang mengetahui pemikiran Iran dan kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran menambahkan: "Ini adalah pesan kepada Arab Saudi, yang bergerak menuju Israel, dan kepada Amerika yang mendukung normalisasi dan mendukung Israel. Ada tidak ada keamanan di seluruh kawasan selama warga Palestina tidak diikutsertakan.”

“Apa yang terjadi di luar ekspektasi apa pun,” kata sumber itu. “Hari ini adalah titik balik konflik.”

Serangan Hamas yang dilancarkan dari Gaza terjadi setelah berbulan-bulan meningkatnya kekerasan di Tepi Barat yang diduduki Israel, dengan meningkatnya serangan Israel, serangan jalanan Palestina, dan serangan oleh pemukim Yahudi di desa-desa Palestina. Kondisi warga Palestina semakin memburuk di bawah pemerintahan sayap kanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Upaya perdamaian telah terhenti selama bertahun-tahun.

Sementara itu, Arab Saudi dan Israel sama-sama mengindikasikan bahwa mereka semakin mendekati kesepakatan normalisasi. Namun sumber-sumber sebelumnya mengatakan kepada Reuters bahwa tekad kerajaan tersebut untuk mengamankan pakta pertahanan AS berarti mereka tidak akan mempertahankan perjanjian normalisasi untuk memenangkan konsesi substantif bagi Palestina.

Sementara itu, Osama Hamdan, pemimpin Hamas di Lebanon, mengatakan kepada Reuters bahwa operasi hari Sabtu harus membuat negara-negara Arab menyadari bahwa menerima tuntutan keamanan Israel tidak akan membawa perdamaian.

“Bagi mereka yang menginginkan stabilitas dan perdamaian di kawasan, titik awalnya haruslah mengakhiri pendudukan Israel,” katanya. Sayangnya, beberapa (negara Arab) mulai membayangkan bahwa Israel bisa menjadi pintu gerbang bagi Amerika untuk mempertahankan keamanan mereka.

Netanyahu menjanjikan "balas dendam yang besar atas hari kelam ini" setelah melancarkan serangan hari Sabtu, yang terjadi hampir tepat 50 tahun sejak dimulainya Perang Yom Kippur pada tahun 1973 ketika Israel diserang oleh pasukan Mesir dan Suriah dan berjuang untuk kelangsungan hidupnya.

Meniru waktu terjadinya perang tahun 1973, pejabat Hamas Ali Baraka mengatakan tentang serangan hari Sabtu itu: "Kepemimpinan perlawanan perlu mengambil keputusan pada waktu yang tepat, ketika perhatian musuh terganggu dengan pestanya."

Dia mengatakan serangan melalui udara, darat dan laut merupakan "kejutan bagi musuh dan membuktikan bahwa intelijen militer Israel gagal mengetahui operasi ini," setelah Israel, yang bangga dengan infiltrasi dan pemantauannya terhadap militan, terkejut. .

Sejak tahun 1973, Mesir menandatangani perjanjian perdamaian dengan Israel dan beberapa negara Arab lainnya juga telah menormalisasi hubungan, termasuk beberapa negara Teluk Arab yang bersebelahan dengan Arab Saudi. Namun Palestina masih belum mencapai cita-cita mereka untuk mendirikan sebuah negara, yang prospeknya masih terlihat jauh dari sebelumnya.

“Meskipun bukan merupakan pendorong utama serangan tersebut, tindakan Hamas mengirimkan pengingat yang jelas kepada Saudi bahwa masalah Palestina tidak boleh dianggap hanya sebagai subtopik dalam negosiasi normalisasi,” Richard LeBaron, mantan diplomat AS di Timur Tengah yang kini bekerja di Atlantik Lembaga pemikir dewan, menulis.

Kemudian, seorang pejabat senior di pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada wartawan bahwa “sangat dini untuk berspekulasi” mengenai dampak konflik Israel-Hamas terhadap upaya normalisasi Saudi-Israel.

“Saya yakin Hamas, kelompok teroris seperti Hamas, tidak akan menggagalkan hasil seperti itu. Namun proses tersebut masih harus berjalan,” tambah pejabat tersebut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya.

Netanyahu sebelumnya mengatakan Palestina tidak boleh memveto perjanjian perdamaian baru Israel dengan negara-negara Arab.

Sumber regional yang akrab dengan hubungan Saudi-Israel-AS. Negosiasi mengenai normalisasi dan pakta pertahanan kerajaan mengatakan Israel melakukan kesalahan dengan menolak memberikan konsesi kepada Palestina.

Dalam tanggapannya terhadap serangan hari Sabtu, Arab Saudi menyerukan “penghentian segera kekerasan” antara kedua belah pihak.

Sementara itu, Iran tidak merahasiakan dukungannya terhadap Hamas, mendanai dan mempersenjatai kelompok tersebut serta organisasi militan Palestina lainnya, Jihad Islam. Teheran menyebut serangan hari Sabtu itu sebagai tindakan membela diri warga Palestina.

Yahya Rahim Safavi, penasihat Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan Teheran akan mendukung para pejuang Palestina "sampai pembebasan Palestina dan Yerusalem."

Seorang pejabat Palestina, yang dekat dengan kelompok militan Islam, mengatakan setelah serangan Hamas dimulai dengan rentetan besar roket yang ditembakkan dari Gaza: "Iran punya andil, bukan hanya satu tangan, dalam setiap roket yang ditembakkan ke Israel."

“Ini tidak berarti bahwa mereka memerintahkan serangan (Sabtu) tetapi bukan rahasia lagi bahwa ini berkat Iran, (bahwa) Hamas dan Jihad Islam mampu meningkatkan persenjataan mereka,” kata pejabat itu, berbicara dengan syarat anonimitas.

Dukungan Iran terhadap kelompok-kelompok Palestina adalah bagian dari jaringan milisi dan kelompok bersenjata yang lebih luas yang didukungnya di Timur Tengah, sehingga memberikan Teheran kehadiran yang kuat di Lebanon, Suriah, Irak dan Yaman, serta Gaza.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)