Gempa Bumi Guncang Afghanistan, 2.053 Orang Meninggal Dunia

Minggu, 08 Oktober 2023 - 17:53 WIB
loading...
Gempa Bumi Guncang Afghanistan, 2.053 Orang Meninggal Dunia
Gempa bumi menewaskan lebih dari 2.000 orang di Afghanistan. Foto/Reuters
A A A
KABUL - Lebih dari 2.000 orang tewas akibat gempa bumi di Afghanistan dan lebih dari 9.000 orang terluka. Demikian diungkapkan pemerintahan Taliban pada Minggu (8/10/2023) dalam gempa paling mematikan yang mengguncang negara pegunungan yang rawan gempa itu selama bertahun-tahun.

Survei Geologi AS (USGS) menyatakan gempa yang terjadi pada hari Sabtu di bagian barat negara itu terjadi 35 km barat laut kota Herat, dengan salah satu gempa berkekuatan 6,3 skala Richter.

Gempa tersebut merupakan salah satu gempa paling mematikan di dunia dalam satu tahun ketika gempa di Turki dan Suriah menewaskan sekitar 50.000 orang pada bulan Februari.

Janan Sayeeq, juru bicara Kementerian Bencana Afghanistan, mengatakan 2.053 orang tewas, 9.240 orang luka-luka dan 1.320 rumah rusak atau hancur. Jumlah korban tewas melonjak dari 500 yang dilaporkan sebelumnya pada hari Minggu oleh Bulan Sabit Merah.

Sepuluh tim penyelamat berada di daerah yang berbatasan dengan Iran, kata Sayeeq pada konferensi pers.



"Lebih dari 200 orang tewas telah dibawa ke berbagai rumah sakit," kata seorang pejabat departemen kesehatan Herat yang mengidentifikasi dirinya sebagai Danish. Dia menambahkan sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak.

"Jenazah telah dibawa ke beberapa tempat – pangkalan militer, rumah sakit,” kata Danish.

Tempat tidur disiapkan di luar rumah sakit utama di Herat untuk menerima banyak korban, menurut foto di media sosial.

Makanan, air minum, obat-obatan, pakaian dan tenda sangat dibutuhkan untuk penyelamatan dan bantuan, Suhail Shaheen, kepala kantor politik Taliban di Qatar, mengatakan dalam pesannya kepada media.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)