Mengapa 4,4 Juta Pengungsi Afghanistan Jadi Beban bagi Pakistan?

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 19:35 WIB
loading...
Mengapa 4,4 Juta Pengungsi Afghanistan Jadi Beban bagi Pakistan?
Jutaan pengungsi Afghanistan di Pakistan akan diusir. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Pemerintah Pakistan telah mengumumkan bahwa semua migran dan pengungsi Afghanistan tidak berdokumen harus meninggalkan Pakistan pada awal bulan depan, baik secara sukarela atau dengan paksa.

Pakistan menampung hampir 4,4 juta pengungsi Afghanistan tinggal di negara tersebut dan lebih dari 1,7 juta secara ilegal. Itulah yang menjadi beban berat bagi Pakistan.

Berikut adalah 6 alasan kenapa Pakistan melancarkan kebijakan mengusir pengungsi Afghanistan.

1. Meningkatnya Aksi Kekerasan yang Dilakukan Pengungsi Afghanistan

Mengapa 4,4 Juta Pengungsi Afghanistan Jadi Beban bagi Pakistan?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, meningkatnya jumlah serangan kekerasan, Menteri Dalam Negeri sementara Sarfraz Bugti mengatakan bahwa “14 dari 24” bom bunuh diri tahun ini dilakukan oleh warga negara Afghanistan.

“Kami telah memberi mereka batas waktu hingga 1 November,” kata Bugti.

Pakistan mengalami peningkatan kekerasan yang dramatis tahun ini dengan sebagian besar serangan terjadi di provinsi barat laut Khyber Pakhtunkhwa dan provinsi barat daya Balochistan, keduanya berbatasan dengan Afghanistan.

Pemerintah telah berulang kali menuduh bahwa Taliban Afghanistan memberikan tempat berlindung yang aman bagi para pejuang yang tergabung dalam Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) yang dilarang, yang secara ideologis sejalan dengan Taliban Afghanistan.

Sejak keputusan TTP untuk mengingkari perjanjian damai dengan pemerintah Pakistan pada bulan November, kelompok tersebut telah melancarkan lebih dari 300 serangan di provinsi Khyber Pakhtunkhwa saja pada tahun ini.

Frekuensi dan intensitas serangan semakin meningkat. Dua serangan terbaru di kota Mastung di Balochistan dan kota Hangu di Khyber Pakhtunkhwa bulan lalu menewaskan lebih dari 60 orang dan melukai puluhan lainnya.

Kabul, pada bagiannya, membantah tuduhan tersebut, dan mengatakan bahwa masalah keamanan di Pakistan tidak ada hubungannya dengan warga Afghanistan.

2. Taliban Bantah Terlibat dalam Serangan Bom di Pakistan

Mengapa 4,4 Juta Pengungsi Afghanistan Jadi Beban bagi Pakistan?

Foto/Reuters

Pemerintah sementara Afghanistan yang dipimpin oleh Taliban memberikan teguran keras atas pengumuman Pakistan, dan menyebutnya “tidak dapat diterima”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)