Mengejutkan, Sekutu Utama Putin Bela Zelensky

Minggu, 08 Oktober 2023 - 11:06 WIB
loading...
Mengejutkan, Sekutu Utama Putin Bela Zelensky
Sekutu utama Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, memberikan pembelaan terhadap Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/Ilustrasi
A A A
MINSK - Presiden Belarusia sekaligus sekutu utama Presiden Rusia Vladimir Putin , Alexander Lukashenko , secara mengejutkan memberikan pembelaan terhadap Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Kamis lalu.

Belarusia, bekas republik Uni Soviet, tetap menjadi sekutu setia Rusia selama beberapa dekade, memegang keanggotaan dalam aliansi militer antar pemerintah, Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), dan menawarkan bantuan ekstensif selama invasi berkepanjangan ke Ukraina.

Meskipun pasukan Belarusia belum dikerahkan ke Ukraina, negara tersebut mengizinkan pasukan Rusia menggunakan wilayahnya untuk tujuan strategis.

Pada hari Sabtu, sebuah video terkait Lukashenko yang memberikan pembelaan terhadap Zelensky beredar di media sosial. Menurut Lukashenko, di tengah konflik yang memanas dengan Rusia, Zelensky telah bertindak dan bereaksi “dengan tepat,” bertentangan dengan pernyataan beberapa orang. Mengingat kedekatan Lukashenko dengan Putin, komentar seperti itu dipandang tidak biasa oleh banyak pengamat.



Salah satu orang pertama yang membagikan klip Lukashenko ke X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, adalah Anton Gerashchenko, seorang penasihat menteri dalam negeri Ukraina dan komentator online yang produktif tentang masalah-masalah seputar konflik dengan Rusia.

“Kami, warga Rusia, dan jurnalis mengatakan bahwa Zelensky adalah ini dan itu, seorang pengemis, bertindak tidak sopan dan tidak jujur,” kata Lukashenko dalam klip tersebut.

"Dan saya harus mengatakan bahwa Zelensky bertindak dengan sangat tepat," imbuhnya seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (8/10/2023).

Video yang lebih panjang kemudian juga dibagikan ke X, di mana pemimpin Belarusia tersebut, bagi sebagian orang, tampaknya menunjukkan bahwa konflik saat ini telah terjadi sejak tahun 2014, tahun yang menandai aneksasi Semenanjung Crimea oleh Rusia. Lukashenko juga menyarankan Zelensky didorong untuk berperang oleh kekuatan Barat.

Newsweek telah menghubungi para pejabat Ukraina dan pakar pertahanan asing melalui email untuk memberikan komentarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)