5 Alasan Presiden AS Joe Biden Memberikan Keringanan Utang Mahasiswa

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 22:05 WIB
loading...
5 Alasan Presiden AS Joe Biden Memberikan Keringanan Utang Mahasiswa
Mengurangi utang mahasiswa menjadi kebijakan utama Presiden AS Joe Biden. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah mengumumkan putaran baru pengampunan pinjaman mahasiswa federal untuk mengatasi “hutang tidak berkelanjutan” yang dikumpulkan peminjam untuk menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi mereka.

Langkah ini bertujuan untuk membantu 125.000 peminjam dengan melunasi utang sebesar USD9 miliar melalui program yang ada. Sejak Biden menjabat pada tahun 2021, total 3,6 juta peminjam akan terhapus utangnya sebesar USD127 miliar.

Berikut adalah 5 alasan Presiden AS Joe Biden Memberikan Keringanan Utang Mahasiswa?

1. Reformasi Pendidikan AS

5 Alasan Presiden AS Joe Biden Memberikan Keringanan Utang Mahasiswa

Foto/Reuters

Pembayaran kembali pinjaman pelajar dimulai kembali bulan ini setelah dibekukan sejak pandemi COVID, dan pemerintahan Biden telah menyesuaikan proposal sebelumnya yang ditolak, untuk membantu meringankan utang pelajar.

Biden telah berbicara tentang mendorong reformasi di bidang pendidikan sejak dia menjabat pada tahun 2021. Dia mengatakan dia ingin mempermudah warga Amerika untuk mendapatkan gelar dengan menggratiskan program sarjana, tetapi pertama-tama dia akan mengatasi utang yang sudah dihadapi para lulusan. Secara kolektif, mereka berhutang USD1,76 triliun.

Awal tahun ini, pemerintah AS mencoba membatalkan jumlah hingga USD20.000 untuk 40 juta peminjam, namun langkahnya ditolak oleh Mahkamah Agung, yang berpendapat bahwa Biden tidak memiliki wewenang untuk melakukan tindakan tersebut tanpa persetujuan Kongres.

Ketua Pengadilan John Roberts menyatakan: “Pertanyaannya di sini bukanlah apakah sesuatu harus dilakukan; siapa yang mempunyai wewenang untuk melakukannya.”


2. Diprioritas yang Bekerja sebagai Guru dan Pekerja Sosial

5 Alasan Presiden AS Joe Biden Memberikan Keringanan Utang Mahasiswa

Foto/Reuters

Ya, bagi sebagian orang.

Guru dan pekerja sosial akan termasuk di antara 53.000 peminjam yang memenuhi syarat untuk mendapatkan keringanan utang secara penuh, sama seperti mereka yang terdaftar dalam program Pengampunan Pinjaman Pelayanan Publik. "Secara total, mereka akan mendapatkan pengampunan utang sebesar USD5,2 miliar," demikian keterangan Departemen Pendidikan.

Orang-orang yang berada dalam skema bantuan yang bergantung pada pendapatan, termasuk sekitar 51.000 peminjam yang memiliki utang hingga USD2,8 miliar dan mereka yang merupakan peminjam penyandang cacat dengan cacat permanen, sehingga berjumlah 22.000 orang yang memiliki utang sebesar USD1,2 miliar.

3. Menolong Mereka yang Berpenghasilan Rendah

5 Alasan Presiden AS Joe Biden Memberikan Keringanan Utang Mahasiswa

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)