Donald Trump Dukung Jim Jordan Jadi Ketua DPR AS

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 20:41 WIB
loading...
A A A
Pencalonannya telah mendapat dukungan dari beberapa tokoh konservatif terkemuka, dengan Matt Gaetz – pemberontak yang memimpin kudeta terhadap McCarthy – menulis: “Mentor saya Jim Jordan akan menjadi orang yang hebat!”

Namun ia mungkin akan kesulitan mendapatkan dukungan dari Partai Republik yang berhaluan tengah dan, jika ia membutuhkan dukungan dari Partai Demokrat, kemungkinan besar ia tidak akan menerima dukungan apa pun. Kandidat Ketua DPR AS memerlukan suara mayoritas sederhana 218 suara untuk mengamankan posisi tersebut.

Trump memilih untuk mendukung Jordan dibandingkan Steve Scalise dari Louisiana, yang juga telah mengumumkan pencalonannya.

Kemungkinan penerus lainnya termasuk pendatang baru di bidang politik Kevin Hern dan Patrick McHenry, yang untuk sementara menjabat posisi tersebut sementara proses penunjukan Ketua tetap berlangsung.

Trump sebelumnya sempat menyatakan bahwa ia bersedia untuk sementara waktu mengisi jabatan Ketua DPR, dengan laporan yang menunjukkan bahwa ia sedang mempertimbangkan untuk mengunjungi Capitol Hill.



Namun sumber mengatakan kepada CNN bahwa kunjungan tersebut tidak mungkin terjadi.

Para anggota Kongres akan mulai berdiskusi mengenai siapa yang dapat menduduki posisi tersebut pada minggu depan, namun mungkin diperlukan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu untuk menemukan seseorang yang dapat memperoleh cukup dukungan di DPR yang terpecah.

Gaetz memicu proses pemecatan Ketua DPR setelah mengatakan dia tidak senang dengan McCarthy yang bekerja sama dengan Partai Demokrat untuk meloloskan kesepakatan belanja jangka pendek guna mencegah penutupan pemerintah (shutdown).

Hal ini mencerminkan ketegangan yang lebih besar antara McCarthy dan faksi sayap kanan di Partai Republik yang sebelumnya mencoba menghalangi terpilihnya McCarthy sebagai Ketua DPR pada bulan Januari lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)