Kursi Masih Kosong, Trump Siap Turun Tangan sebagai Ketua DPR AS

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 08:04 WIB
loading...
Kursi Masih Kosong, Trump Siap Turun Tangan sebagai Ketua DPR AS
Pemimpin Partai Republik di DPR Kevin McCarthy dan Presiden AS Donald Trump saat itu, bereaksi terhadap kerumunan saat berkunjung ke Bakersfield, California, 19 Februari 2020. Foto/REUTERS/Kevin Lamarque
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menegaskan kesediaannya mengambil keputusan sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk sementara waktu.

Usulan itu muncul untuk mengisi jabatan ketua DPR yang kosong sampai anggota parlemen dari Partai Republik dapat menyetujui pemimpin legislatif jangka panjang dari partai tersebut.

Trump mengatakan kepada Fox News Digital pada Kamis (5/10/2023) bahwa dia akan mengisi peran ketua DPR sementara jika diperlukan.

“Saya diminta berbicara sebagai pemersatu karena saya punya banyak teman di Kongres,” ujar dia.

“Jika mereka tidak mendapatkan suara, mereka bertanya kepada saya apakah saya akan mempertimbangkan untuk menjadi ketua sampai mereka mendapatkan seseorang untuk jangka waktu yang lebih lama, karena saya mencalonkan diri sebagai presiden,” papar Trump.

Anggota parlemen diperkirakan akan melakukan pemungutan suara pekan depan untuk memilih pengganti Kevin McCarthy, yang digulingkan pada Selasa dalam pemecatan ketua DPR yang pertama dalam sejarah AS.

Memilih Trump akan menempatkan mantan presiden tersebut untuk bertanggung jawab atas agenda legislatif di majelis yang dikuasai Partai Republik, bahkan ketika dia dalam jajak pendapat sebagai kandidat utama untuk nominasi presiden dari partai tersebut pada tahun 2024.

Mantan presiden tersebut melontarkan komentarnya di tengah berbagai laporan media yang menyatakan dia merencanakan kunjungan ke Washington pekan depan untuk bertemu dengan para legislator Partai Republik dan kemungkinan akan mengangkat topinya untuk menjadi ketua DPR.



Politico dan media lainnya melaporkan pada Kamis bahwa Trump diperkirakan akan singgah di Washington pada Selasa, di antara acara kampanye kepresidenannya yang dijadwalkan pada Senin di New Hampshire dan Rabu di Florida.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)