Kapal Kargo Turki Tabrak Ranjau di Laut Hitam, Semua Awak Selamat

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 17:29 WIB
loading...
Kapal Kargo Turki Tabrak Ranjau di Laut Hitam, Semua Awak Selamat
Kapal kargo Turki menabrak ranjau di Laut Hitam, semua awak selamat. Foto/Ilustrasi
A A A
ANKARA - Sebuah kapal kargo umum berbendera Turki menabrak ranjau pada hari Kamis di Laut Hitam di lepas pantai Rumania dan mengalami kerusakan ringan tetapi awaknya selamat. Insiden itu diungkapkan sumber maritim dan keamanan.

Perusahaan keamanan maritim Inggris Ambrey, mengutip informasi yang diterimanya, mengatakan kapal itu menabrak ranjau laut 11 mil laut utara Sulina di Rumania, dekat pintu masuk Terusan Sulina.

“Kapal tersebut dilaporkan mengalami ledakan sekitar pukul 09.20 waktu setempat. Kapal itu membuang sauh dalam waktu singkat untuk menilai kerusakannya,” kata Ambrey dalam sebuah catatan.

“Pada pukul 12.10, kapal kembali berlayar,” kata Ambrey seraya menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa yang dilaporkan seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (6/10/2023).



Ini adalah salah satu insiden pertama dalam beberapa bulan terakhir yang melibatkan sebuah kapal yang menabrak ranjau laut. Wilayah Laut Hitam telah terdaftar sebagai zona berisiko tinggi oleh perusahaan asuransi dan ranjau laut yang terapung masih tetap berbahaya.

Sebuah sumber di pemerintahan Ukraina mengkonfirmasi bahwa sebuah kapal telah menabrak sebuah ranjau, dan menambahkan bahwa kemungkinan itu adalah ranjau Perang Dunia II, atau ranjau darat yang ditinggalkan di sana tahun lalu, namun menolak berkomentar lebih lanjut.

Yoruk Isik, kepala konsultan Bosphorus Observer, mengutip pengetahuan tentang masalah tersebut, mengatakan kepada Reuters secara terpisah bahwa kapal tersebut adalah Kafkametler dan mengalami kerusakan ringan pada tangki pemberatnya tetapi awaknya selamat.

Operator kapal yang berbasis di Istanbul, Kafkametler Maritime, tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar.

Kafkametler membuang sauh di saluran Danube dekat terminal Vylkove di Ukraina, menurut pelacakan kapal pada penyedia analisis maritim MarineTraffic pada pukul 21.20 pada hari Kamis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)