Kursi Masih Kosong, Trump Siap Turun Tangan sebagai Ketua DPR AS

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 08:04 WIB
loading...
A A A
AS tidak pernah memiliki ketua DPR yang juga bukan merupakan anggota DPR terpilih di majelis rendah Kongres, namun Konstitusi tidak melarang non-anggota untuk memegang jabatan tersebut.

Ketua DPR mempunyai pengaruh besar dalam sistem politik AS, dalam menentukan rancangan undang-undang mana yang akan diajukan untuk pemungutan suara dan mengawasi penugasan komite.

Peran tersebut juga mencakup menjadi penerus presiden berikutnya jika wakil presiden tidak dapat menggantikan panglima yang digulingkan atau dilumpuhkan.

Trump mengobarkan api spekulasi pada Rabu, dengan membagikan postingan media sosial yang mendukungnya untuk berperan sebagai ketua DPR.

Salah satu postingan menunjukkan foto dirinya yang direkayasa berdiri di depan kursi ketua DPR sambil memegang palu.

Mantan presiden tersebut mengatakan kepada Fox bahwa dia tidak berusaha untuk terpilih sebagai ketua DPR, namun dia terbuka untuk mengisi jabatan tersebut selama 30 hingga 90 hari, sehingga memberikan waktu kepada anggota parlemen Partai Republik untuk mencapai konsensus mengenai pengganti McCarthy dalam jangka panjang.

Anggota DPR Jim Jordan (Partai Republik Ohio) dan Steve Scalise (Partai Republik Louisiana) telah mengumumkan tawaran mereka untuk posisi tersebut.

Berbicara kepada wartawan pada Rabu di gedung pengadilan Kota New York, Trump ditanya tentang kemungkinan menggantikan McCarthy.

“Banyak orang menelepon saya tentang ketua DPR,” ujar dia. “Yang bisa saya katakan adalah kami akan melakukan apa pun yang terbaik untuk negara dan Partai Republik.”

Dia menambahkan bahwa dia fokus untuk mencalonkan diri sebagai presiden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)