Langgar Aturan Covid-19, Wapres AS Tak Pakai Masker saat Kunjungi RS

Kamis, 30 April 2020 - 06:30 WIB
loading...
Langgar Aturan Covid-19, Wapres AS Tak Pakai Masker saat Kunjungi RS
Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence tak mengenakan masker saat mengunjungi Mayo Clinic, sebuah rumah sakit bergengsi di Amerika, pada Selasa (28/4/2020). Foto/REUTERS/Nicholas Pfosi
A A A
WASHINGTON - Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Mike Pence tidak mengenakan masker selama kunjungan hari Selasa ke Mayo Clinic, sebuah rumah sakit (RS) bergengsi di Amerika.

Tindakan Pence itu melanggar aturan RS tentang penanganan pandemi virus corona baru (Covid-19) meskipun timnya sudah diperingatkan sebelumnya.

Video yang diambil dalam kunjungan Pence dan timnya menunjukkan wakilnya Presiden Donald Trump itu berbincang dengan seorang pasien di ruang rumah sakit yang ramai. Hanya Pence yang tidak mengenakan masker.

Padahal aturan RS yang berbasis di Minnesota itu berbunyi; "Bagian dari protokol kami untuk memastikan keselamatan Anda adalah mewajibkan semua pasien, pengunjung, dan staf untuk mengenakan penutup wajah atau makser ketika di Mayo Clinic untuk berjaga-jaga terhadap penularan Covid-19."

Klinik itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berbagi kebijakan masker dengan kantor Wapres Pence.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) baru-baru ini memperbarui sarannya untuk merekomendasikan agar orang mengenakan penutup wajah kain dalam pengaturan publik di mana sulit untuk menjaga jarak fisik yang memadai setiap saat, seperti di toko grosir dan apotek.

Saran CDC itu dikeluarkan karena sebagian besar orang yang terinfeksi Covid-19 diyakini tidak menunjukkan gejala dan karena penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa dalam keadaan tertentu dimungkinkan untuk menginfeksi orang lain melalui bicara dan pernapasan normal.

Pence, Presiden Donald Trump, dan pejabat senior Gedung Putih lainnya telah dengan jelas mengabaikan saran tersebut, yang mengarah pada spekulasi bahwa itu adalah keputusan yang terkoordinasi untuk meremehkan keparahan krisis Covid-19 di AS.

Wapres Pence mengatakan dia tidak memakai masker karena pedoman CDC menyarankan bahwa masker membantu mencegah penyebaran virus oleh mereka yang terinfeksi, dan dia dengan percaya diri tidak terinfeksi.

"Karena saya tidak memiliki virus corona, saya pikir ini akan menjadi kesempatan baik bagi saya untuk berada di sini, untuk dapat berbicara dengan para peneliti ini, tenaga perawatan kesehatan yang luar biasa ini, dan menatap mata mereka dan mengucapkan terima kasih," katanya, seperti dikutip dari AFP, Kamis (30/4/2020).
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)