Sekelompok Yahudi Israel Ludahi Umat Kristen saat Rayakan Sukkot di Yerusalem

Rabu, 04 Oktober 2023 - 19:13 WIB
loading...
Sekelompok Yahudi Israel Ludahi Umat Kristen saat Rayakan Sukkot di Yerusalem
Sekelompok Yahudi Ortodoks Israel meludahi dan meneriaki peziarah dan jemaat Kristen saat rayakan Hari Sukkot di Kota Tua Yerusalem. Foto/Jamal Awad/Flash90
A A A
YERUSALEM - Sekelompok Yahudi Ortodoks Israel terekam kamera meludahi dan meneriaki para peziarah dan jemaat Kristen saat merayakan Hari Raya Sukkot di Kota Tua Yerusalem.

Para jemaat Kristen diintimidasi ketika membawa "Empat Spesies" melalui Kota Tua Yerusalem pada hari Senin.

Insiden ini memicu kemarahan publik Israel, karena ini bukan yang pertama terjadi dan terjadi pada Hari Raya Sukkot—yang dirayakan umat Kristiani sebagai Hari Raya Pondok Daun—yang menarik ribuan jemaat Kristen setiap tahunnya ke Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengutuk setiap serangan terhadap umat beragama.



"Kami tidak akan memberikan toleransi terhadap mereka yang merugikan jamaat,” katanya, pada Selasa, yang dilansir Jerusalem Post, Rabu (4/10/2023). "kami akan segera mengambil tindakan terhadap tindakan tersebut."

“Perilaku ofensif terhadap jamaat adalah sebuah penodaan dan tidak dapat diterima. Israel berkomitmen penuh untuk menjaga hak suci kebebasan beribadah dan ziarah ke tempat suci semua agama,” ujarnya.

Kepala Rabbi Ashkenazi David Lau mengutuk insiden tersebut, menekankan bahwa perilaku yang tidak dapat diterima seperti itu tidak boleh dikaitkan dengan hukum agama Yahudi dengan cara apapun.

Menteri Luar Negeri Eli Cohen mengeluarkan pernyataan yang sama. “Saya mengutuk tindakan buruk yang meludahi orang Kristen dan menyakiti siapa pun karena agama atau kepercayaan mereka. Fenomena ini tidak mewakili nilai-nilai Yudaisme," katanya.

“Kebebasan beragama dan toleransi adalah nilai fundamental di Israel,” lanjutnya.

“Ratusan ribu wisatawan Kristen mengunjungi Tanah Suci setiap tahunnya untuk menjelajahi tempat-tempat suci yang penting bagi mereka dan kita. Saya menyerukan kepada seluruh warga Israel untuk menghormati tradisi dan kepercayaan semua orang yang memasuki gerbang Yerusalem, kota suci.”

Sementara itu, Polisi Israel di Yerusalem mengatakan mereka menangkap lima tersangka—satu di bawah umur dan empat orang dewasa—pada Rabu pagi karena diduga meludahi umat Kristen di Kota Tua Yerusalem.

Salah satu tersangka muncul dalam video di mana sekelompok Yahudi Ortodoks terlihat meludahi peziarah Kristen saat mereka membawa Empat Spesies Sukkot melintasi Kota Tua. Tersangka lainnya meludahi pengunjung Kristen pagi ini dan langsung ditangkap.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)