Menteri Israel Ben-Gvir Dukung Kompleks Masjid Al-Aqsa Dibuka untuk Orang Yahudi Kapan Pun

Rabu, 04 Oktober 2023 - 09:43 WIB
loading...
Menteri Israel Ben-Gvir Dukung Kompleks Masjid Al-Aqsa Dibuka untuk Orang Yahudi Kapan Pun
Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel, Itamar Ben-Gvir. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel, Itamar Ben-Gvir, pada Selasa (3/10/2023) menyerukan pemukim ilegal Yahudi diizinkan memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa sepanjang waktu.

Menurut laporan Anadolu Agency, “Lebih dari 500 pemukim memasuki lokasi Masjid Al-Aqsa pada Selasa tepat hari keempat hari raya Yahudi Sukkot, mengutip Departemen Wakaf Islam.”

Sukkot adalah hari libur selama sepekan, yang dimulai pada tanggal 29 September dan akan berlanjut hingga tanggal 6 Oktober, mengakhiri musim hari raya Yahudi yang dimulai dengan merayakan Rosh Hashanah (Tahun Baru) pada 15 September.

Surat kabar Haaretz mengutip surat yang dikirim Ben-Gvir kepada anggota parlemen sayap kanan di Knesset (parlemen Israel) yang menuntut akses terbuka bagi pemukim ilegal Israel ke tempat suci umat Islam tersebut.

Dalam suratnya, Ben-Gvir meminta kabinet keamanan Israel segera bersidang untuk mempertimbangkan membuka Temple Mount (Masjid Al-Aqsa) untuk orang Yahudi 24 jam 7 hari sepekan (24/7).

Menteri sayap kanan tersebut menyuarakan harapan usulannya akan didukung para menteri dari Partai Zionisme Keagamaan sayap kanan yang dipimpin Menteri Keuangan garis keras, Bezalel Smotrich.



Polisi Israel mulai mengizinkan pemukim Yahudi memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa pada 2003, meskipun ada kecaman berulang kali dari warga Palestina.

Pemukim Yahudi diperbolehkan masuk ke kompleks Al-Aqsa dalam dua shift, pagi dan sore, kecuali hari Jumat dan Sabtu.

Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang-orang Yahudi menyebut kawasan itu sebagai Temple Mount (Bukit Bait Suci). Yahudi mengklaim tempat itu adalah situs dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Masjid Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel tahun 1967.

Mereka mencaplok seluruh kota pada tahun 1980, tindakan yang tidak pernah diakui komunitas internasional.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)