Bantu Tentara Ukraina yang Terdesak, AS Segera Kirim Rudal ATACMS

Selasa, 03 Oktober 2023 - 19:26 WIB
loading...
Bantu Tentara Ukraina yang Terdesak, AS Segera Kirim Rudal ATACMS
Rudal ATACMS akan dikirim AS ke Ukraina. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat dilaporkan bersiap untuk mengirim rudal balistik taktis yang dipersenjatai dengan munisi tandan ke Ukraina setelah disetujui oleh Presiden Joe Biden.

Melansir Bloomberg, dalam sebuah wawancara, Asisten Menteri Akuisisi Angkatan Darat Doug Bush mengatakan AS telah bersiap menghadapi kemungkinan ini selama beberapa waktu. "Kita siap untuk bertindak cepat," katanya.

Rudal balistik taktis yang dikirim adalah Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS).
Itu merupakan rudal berpemandu jarak jauh yang memberikan komandan operasional senjata langsung untuk memenangkan pertempuran," demikian keterangan produsen ATACMS, Lockheed Martin.

Rudal ATACMS pertama kali dikerahkan dalam operasi militer AS melawan Irak pada tahun 1991.

Produsen senjata AS, Lockheed Martin, menggambarkan ATACMS sebagai sistem senjata permukaan-ke-permukaan yang mampu mencapai target di luar jangkauan sistem rudal lainnya.



Melansir Al Jazeera, Lockheed Martin menambahkan bahwa “setiap rudal ATACMS dikemas dalam pod peluncuran yang mirip MLRS (Multiple Rocket Launch System) dan ditembakkan dari Keluarga Peluncur MLRS”.

Dengan jangkauan sekitar 300 km, senjata ini akan memberi Ukraina keuntungan untuk menyerang sasaran Rusia di belakang garis depan.

Meskipun rudal Storm Shadow yang disumbangkan Inggris awal tahun ini memiliki jangkauan yang lebih jauh dibandingkan ATACMS, rudal tersebut harus diluncurkan dari jet tempur, yang tidak dimiliki Ukraina, sedangkan ATACMS dapat diluncurkan dari darat.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)